TUTUP
TUTUP
BISNIS

Kesalahan Mengatur Keuangan yang Bikin Menyesal Seumur Hidup

Semua orang butuh perencanaan keuangan yang baik untuk sukses.
Kesalahan Mengatur Keuangan yang Bikin Menyesal Seumur Hidup
Ilustrasi asuransi/menabung. (Pixabay)

VIVA.co.id – Setiap orang tentunya pernah melakukan sebuah kesalahan, namun kesalahan-kesalahan tersebut tak boleh menjadikan anda patah semangat dalam menjalani kehidupan. Masalahnya, kadang kala, banyak orang yang tak sadar bila telah melakukan kesalahan. 

Akibatnya mereka akan melakukannya terus menerus sehingga dapat berdampak negatif kepada masa depannya. Banyak kesalahan-kesalahan yang dapat diperbuat di hidup Anda, salah satunya yaitu kesalahan pada finansial. 

Lalu kesalahan finansial apa saja yang membuat Anda dapat menyesal seumur hidup? Berikut ini penjelasannya dari survei yang dilakukan Claris Financial dikutip Cermati.com terkait penyesalan mengenai keuangan. 

1. Gagal dalam membiayai keluarga

Bagi kebanyakan orang, memiliki kemampuan untuk dapat menafkahi keluarga merupakan prioritas utama yang paling penting. Namun, bagaimana jika tak bisa membiayai keluarga secara tercukupi? 

Tentu hal ini menjadi sesuatu yang paling disesalkan oleh banyak orang. Sekitar 6 persen responden yang mengikuti survei ini mengaku bila kegagalan finansial terbesar mereka yaitu tak dapat menyokong kebutuhan keluarga.

2. Gagal membiayai pendidikan anak

Seiring dengan berjalannya waktu, biaya pendidikan akan semakin meningkat setiap waktunya. Hal inilah yang terkadang menjadi beban bagi kebanyakan orang tua. Meskipun pemerintah selalu memberikan bantuan biaya pendidikan, namun masih saja terasa mahal dirasa. 

Sebanyak 7 persen responden survei menyatakan bahwa kesalahan terbesar adalah tak mampu membiayai anak-anak mereka hingga ke perguruan tinggi.

3. Tidak memiliki tabungan pensiun yang cukup

Kesalahan-kesalahan lainnya yang dapat membuat orang menyesal seumur hidup adalah ketika mereka tak memiliki tabungan yang cukup untuk membiayai masa pensiun mereka. 

Biasanya masa pensiun seseorang adalah ketika mencapai usia 65 tahun. Namun banyak orang yang menunda melakukannya karena merasa tabungan yang dimilikinya belum mencukupi.

Kebanyakan mereka belum siap bila tidak bekerja serta hanya mengandalkan tabungan yang mereka kumpulkan. Sebanyak 11 persen responden menyatakan bahwa tidak mampu pensiun dini merupakan penjelasan yang dirasakan seumur hidup mereka. Karena itu, jangan menunda untuk menyisihkan uang untuk tabungan pensiun anda sejak awal.

4. Tidak berinvestasi

Saat ini banyak orang yang melakukan investasi untuk mendukung kondisi keuangan mereka. Dengan investasi, tentunya uang yang anda miliki bisa berkembang dengan pesat. 

Investasi dapat membuat seseorang memiliki penghasilan pasif yang cukup menguntungkan. Hal inilah yang diinginkan sekitar 12 persen responden survei yang ada. Sehingga tidak melakukan investasi menjadi penyesalan yang sangat dirasakan oleh kebanyakan orang.

5. Tidak membeli rumah kedua

Sekitar 12 persen responden menyatakan bahwa mereka sangat menyesal bila tak mampu membeli rumah kedua. Sebab, ini dapat dijadikan aset berharga yang suatu saat dapat Anda jadikan tabungan masa depan. Mengingat harga rumah semakin meningkat setiap waktunya. 

6. Tidak berinvestasi di pasar saham

Kesalahan finansial lainnya yang sering dilakukan banyak orang adalah tidak melakukan investasi di pasar saham. Meskipun risiko investasi di pasar saham sangat tinggi, namun hal itu sesuai dengan tingkat keuntungan yang akan didapatkan. Hal inilah yang dirasakan 17 persen responden sebagai penyesalan.

7. Tidak mampu membiayai orang tua

Di saat anda sudah memiliki keluarga, tentunya merupakan kewajiban untuk menafkahi keluarga Anda. lalu bagaimana dengan oran tua? Hal ini lah yang menjadi penyesalan bagi 16 persen responden yang ada.

8. Tidak memulai bisnis

Saat ini banyak orang yang memulai bisnis karena dinilai lebih menguntungkan. Namun, menjalankan sebuah bisnis membutuhkan banyak hal lainnya seperti modal, skill, waktu, kesabaran, dan masih banyak lainnya. 

Sehingga banyak orang yang akhirnya tak ingin melakukan karena risiko-risiko tersebut. Namun dibandingkan dengan risikonya, keuntungan yang di dapat sangat tinggi. Ada sebanyak 23 persen responden menyesal tidak melakukannya.

9. Tidak mampu membeli rumah

Sebagian besar orang merasa tak mampu membeli rumah karena harganya yang terus meningkat. Namun rumah merupakan kebutuhan pokok yang harus terpenuhi, untuk itu banyak orang yang menganggap hal ini sebagai salah satu kesalahan yang cukup besar. 

Hindari kesalahan keuangan yang merugikan

Selagi masih muda, biasakan diri untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan finansial yang buruk yang dapat merugikan kondisi Anda ke depannya. Biasakan diri untuk menabung dan berinvestasi untuk kondisi finansial yang lebih baik.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP