Tahun Depan, PNS Dipastikan Tetap Dapat Gaji ke-13

Menteri Keuangan Sri Mulyani.
Sumber :
  • ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan tahun depan pembayaran gaji ke-13 bagi seluruh Pegawai Negeri Sipil akan tetap diberikan pada pertengahan tahun. Pemberian gaji ke-13 ini bertujuan untuk meningkatkan konsumsi masyarakat.

Menpan-RB Janji Angkat 2,3 Juta Tenaga Honorer: Tes Hanya Formalitas

“Gaji ke-13 akan tetap diberikan dalam rangka menggenjot konsumsi masyarakat,” kata Ani, sapaan akrab Sri Mulyani dalam rapat kerja bersama Komisi XI DPR, Jakarta, Senin 12 Juni 2017.

Dia menjelaskan pemerintah dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2018 memproyeksikan asumsi pertumbuhan ekonomi tahun depan bisa berada di kisaran 5,4 sampai 6,1 persen. Geliat konsumsi masyarakat dan investasi masih menjadi harapan pemerintah mencapai proyeksi tersebut.

Sah! Periode Kenaikan Pangkat PNS Kini 2 Bulan Sekali

Menurut dia, pencairan gaji ke-13 pada kuartal kedua setiap tahunnya, memang diharapkan bisa memberikan pengaruh terhadap konsumsi masyarakat. Apalagi, pencairan gaji ke-13 tidak berjauhan dengan pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) yang dalam dua tahun terakhir diberikan pemerintah bagi PNS.

Untuk tahun ini, alokasi anggaran yang dipersiapkan berpotensi meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Pasalnya, adanya kenaikan pangkat dan jumlah pegawai di beberapa kementerian lembaga, menjadi alasan anggaran tersebut berpotensi meningkat.

Oknum Satpol PP di Garut Dukung Cawapres, Plt PPP Ingatkan Instruksi Mendagri

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan, realisasi pembayaran gaji ke 13 dan THR tahun lalu mencapai Rp17,9 triliun. Rinciannya, pembayaran gaji ke 13 PNS aktif sebesar Rp6,5 triliun, gaji pensiunan ke 13 sebesar Rp6,2 triliun, dan pembayaran THR sebesar Rp5,2 triliun. Sehingga, total keseluruhan mencapai Rp17,9 triliun.
    

IKN Nusantara.

Ratusan Ribu Ribu PNS Sudah Ikuti Uji Kompetensi dari BKN untuk Siap Pindah ke IKN

Sebanyak 121.626 orang PNS sudah mengikuti uji kompetensi yang diadakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai persiapan pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024