Mudik 2017, Jembatan Penimbangan Disulap Jadi Rest Area

Ilustrasi Rest Area.
Sumber :
  • ANTARA/Oky Lukmansyah

VIVA.co.id – Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Pudji Hartanto Iskandar, terus melakukan berbagai persiapan menghadapi arus mudik Lebaran. Seluruh kendaraan jenis truk sudah dilarang melalui jalur pulau Jawa dan Lampung dari H-4 hingga H+4.

Sopir Bus Dianjurkan Tak Berkendara Lebih dari 4 Jam saat Antar Pemudik

"Seluruh jembatan timbang H-7 akan ditutup dan digunakan untuk rest area," kata Pudji di kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa 13 Juni 2017.

Pudji menambahkan, pihaknya juga tengah berkoordinasi dengan pihak pengelola pelabuhan. Hal ini dilakukan, agar tidak terjadi antrean di saat penyerangan di pelabuhan.

Begini Cara Memilih Angkutan Bus yang Laik Jalan

"Pengaturan pola operasi kapal penyeberangan diharapkan tidak terjadi kepadatan, antrean dan volume kapal sudah ditambah lima persen," ucapnya.

Antisipasi kemacetan lain di jalur mudik adalah untuk mengatasi pasar tumpah. Kementerian Perhubungan melakukan koordinasi dengan kepolisian dan pemerintah daerah setempat. 

Layani Angkutan Lebaran Perdana, Bandara Kertajati Angkut 1.900 Orang per Hari

"Pasar tumpah di Kabupaten, Kota, jadi masalah besar, makanya kita koordinasi dengan Pemda dan Polri supaya tidak terjadi. Pasar dibatasi dengan tali dan diatur petugas. sehingga orang menyeberang bisa diatur dan dikendalikan," katanya. (asp)

[dok. Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub]

Kemenhub Tambah Kapal di Rute Panjang-Ciwandan Demi Urai Arus Balik Mudik, Catat Jadwalnya!

Langkah itu untuk membantu mengurai kepadatan lalu lintas pada arus balik mudik Lebaran 2024 di ruas penyeberangan Bakaheuni-Merak.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024