Ciri-ciri Bos Idaman Karyawannya

Ilustrasi seorang bos
Sumber :
  • http://spidolbekas.wordpress.com

VIVA.co.id – Menjadi pemimpin dan atasan di sebuah perusahaan bukanlah pekerjaan mudah. Tantangan yang dihadapi bukan hanya persoalan menyiapkan strategi melainkan menyatukan banyak kepala dalam satu tim.

Adegan Film Porno yang Paling Dicari, hingga Dokter Boyke Sebut Onani Sehat

Nah, bila Anda baru-baru ini mendapatkan promosi untuk naik jabatan, jangan menganggap tantangan ini sebagai hal yang mudah. Bila salah mengelolanya, bisa-bisa tim tidak padu dan karier Anda terancam. Berikut ini trik agar bisa jadi pemimpin yang baik di kantor seperti dikutip dari CekAja.com.

1. Bangun kepercayaan tim

Hasil Penelitian: Jenis Bidang Pekerjaan Ini Rentan Potensi untuk Selingkuh

Pemimpin yang baik harus mampu membuat rasa percaya diri tim meningkat. Tapi, untuk meyakinkan anggota tim akan kualitas diri dan organisasi yang baik tidak mudah.  Untuk itu, cobalah lebih terbuka terhadap anggota tim. Bila perlu berikan pujian atau reward bila ada anak buah yang memiliki pekerjaan baik.

2. Bekerja sama bukan memeras tenaga anggota tim

Tips Seimbangkan Karier dan Kehidupan Pribadi

Pemimpin dan bos adalah dua karakter yang berbeda. Seorang pemimpin harus mau bekerja sama dengan tim. Maksudnya, ikut bekerja dan bukan malah mempekerjakan tim. Bila menghadapi pekerjaan penting wajib untuk turun gunung terlebih saat tim mengalami kesulitan. Jangan malas untuk membantu agar dapat menyelesaikan masalah dengan baik. 

3. Berkomunikasi dengan baik  

Pemimpin yang baik harus ahli dalam berkomunikasi. Tidak cuma pandai menyampaikan maksud dan pesan, biasakan juga menggunakan bahasa yang baik. Dengan tutur kata yang terjaga, anak buah Anda pasti akan lebih menghargai Anda.  
 
4. Harus mampu memberi insprirasi 

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang bisa menginspirasi orang-orang yang dipimpinnya. Ya, bersiaplah untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki oleh orang di sekitarmu terutama tim yang pimpin.

Cobalah untuk berbagai cerita keberhasilan yang kalian dapatkan, bagaimana proses yang perlu dilalui untuk mencapainya. Karena hal ini bisa menginspirasi mereka, dan membuat tim menjadi lebih terikat satu sama lain dan bekerja lebih keras untuk memberikan hasil yang terbaik.

5. Terakhir, bantulah tim untuk tumbuh dan berkembang

Selain hal-hal yang disebutkan di atas, sebagai seorang pemimpin tim harus bisa membuat tim nya tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik dari berbagai hal. Mereka akan menaruh rasa hormat kepada kalian jika berhasil membimbing mereka untuk tumbuh dan berkembang. Berbagai pengetahuan dan pengalaman, memberikan bimbingan dalam bekerja, adalah kunci untuk membantu mereka berkembang menjadi lebih baik dari saat ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya