Menhub: Tahun Depan Sektor Transportasi Laut Lebih Populer

Menhub Minta Kualitas Jembatan Timbang Ditingkatkan
Sumber :
  • fikri halim/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi meyakini moda transportasi laut akan semakin populer di kalangan masyarakat. Ia mengatakan, pihaknya telah melakukan beberapa strategi untuk dapat mewujudkan hal tersebut pada tahun depan. Di antaranya, adalah dengan meningkatkan aspek safety, security dan level of services.

Sopir Bus Dianjurkan Tak Berkendara Lebih dari 4 Jam saat Antar Pemudik

Budi mengatakan, untuk meningkatkan aspek keselamatan, para pelaku usaha transportasi laut harus disiplin. Sementara untuk keamanan diirnya akan bekerjasama dengan TNI dan Polri.

"Kalau untuk level of services, kami meminta Pelni dan ASDP (Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan) untuk meningkatkan diri, Insya Allah tahun depan transportasi laut lebih populer," ujar Budi di pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar, Sabtu 17 Juni 2017.

Begini Cara Memilih Angkutan Bus yang Laik Jalan

Budi menampik bahwa harga tiket kapal kurang kompetitif dibandingkan dengan harga tiket pesawat. Selain lebih murah, ujar Budi, para penumpang akan merasakan sensasi berlayar dan menikmati perjalanan di tengah laut.

"Saya kira kompetitif, seperti tadi saya cek ongkos kapal laut Balikpapan-Surabaya itu Rp400 ribu, saya kira enggak ada pesawat seharga segitu, apalagi di kapal dikasih makan, terus ditambah jalan-jalan, lagi," tuturnya.

Layani Angkutan Lebaran Perdana, Bandara Kertajati Angkut 1.900 Orang per Hari

Budi pun menegaskan pihaknya akan menindak para pelaku usaha yang menaikkan harga tiket dengan semaunya. Pemerintah telah menetapkan tarif batas atas dan batas bawah. Sehingga, seluruh pemangku kepentingan harus bisa melaksanakan hal tersebut.

"Ada batas atas dan batas bawah. Kalau batas bawah itu kira-kira 30 persen dan batas atas ada batasannya juga. Kalau berlebih kita kasih peringatan, pasti ada sanksi, kalau sudah terlalu berlebih kita cabut izinnya," jelasnya.

[dok. Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub]

Kemenhub Tambah Kapal di Rute Panjang-Ciwandan Demi Urai Arus Balik Mudik, Catat Jadwalnya!

Langkah itu untuk membantu mengurai kepadatan lalu lintas pada arus balik mudik Lebaran 2024 di ruas penyeberangan Bakaheuni-Merak.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024