Ingin Lebaran Anda Istimewa, Ini Tips Atur Keuangannya

Berhemat saat bulan puasa.
Sumber :

VIVA.co.id – Saat bulan puasa tiba, Anda mungkin akan disibukkan dengan sejumlah agenda yang sangat padat. Acara buka bersama, berbagi dengan sesama, atau bahkan sekadar menikmati menu-menu musiman yang hanya hadir di momen tersebut.

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Bulan puasa memang begitu istimewa, sehingga sangat wajar jika tidak ingin melewatinya dengan kesan dan acara yang sama setiap tahunnya. Lalu, bagaimana dengan keuangan Anda ketika menjelang Lebaran nanti?

Meski begitu, banyak hal yang ingin dilakukan selama menjelang Lebaran (bulan puasa), keuangan Anda tentu menjadi salah satu hal yang wajib untuk diatur dengan sedemikian rupa. 

Delapan Pekerjaan yang Bakal Digantikan Robot di Masa Depan

Hal ini sangat penting, mengingat sejumlah kegiatan dan kebutuhan di saat menjelang Lebaran nanti akan cukup besar, sehingga Anda perlu mempersiapkannya dengan sedemikian rupa sejak awal. 

Bukan hanya itu saja, momen Lebaran juga akan berbarengan dengan musim liburan yang cukup panjang, di mana Anda memiliki kesempatan yang baik untuk bepergian, atau bahkan sekadar berlibur ke tempat sanak saudara. 

Tak Banyak yang Tahu, Ini Saat Tepat untuk Punya Asuransi Jiwa

Semua hal ini tentu akan membutuhkan perencanaan, termasuk di dalam keuangan Anda. Jangan sampai agenda Lebaran berantakan, hanya karena tidak mengatur dan mempersiapkan dananya dengan tepat.

Agar momen Lebaran berjalan bebas masalah keuangan, simak cara mengatur keuangan saat menjelang Lebaran seperti dikutip dari Cermati.com, Kamis 22 Juni 2017, berikut ini:

1. Susun dan kelola anggaran yang tepat sejak awal

Anggaran keuangan adalah hal pertama yang wajib disusun sebelum bulan puasa tiba. Ini sangat penting, sebab sejumlah kebutuhan dan kebiasaan Anda mungkin akan berubah selama bulan puasa nanti. 

Jangan sampai sejumlah kebutuhan dan kebiasaan ini, justru membuat keuangan menjadi berantakan, mengingat ini adalah momen yang sangat penting dan hanya akan dilalui sekali dalam setahun saja.

2. Buat budget harian selama bulan puasa

Daripada mengambil risiko terjadinya pembengkakan pengeluaran dana selama bulan puasa, akan lebih bijak, jika Anda membuat budget harian selama satu bulan penuh di bulan tersebut. 

Meski sedang berpuasa, terkadang pengeluaran justru tidak terkontrol selama bulan puasa, terutama untuk membeli berbagai kebutuhan berbuka puasa. Penting bagi Anda untuk mengantisipasi pemborosan ini dengan baik sejak awal, agar keuangan tetap aman hingga Lebaran usai nanti.

3. Alokasikan THR dengan tepat

Lebaran dan THR? Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan kedua hal ini, termasuk mengalokasikannya di dalam keuangan. Namun, sangat penting bagi Anda untuk memiliki rencana yang matang sejak awal terkait dengan alokasi THR, agar berbagai hal penting yang ingin dilakukan di momen Lebaran nanti bisa terlaksana dengan baik.

4. Atur jadwal belanja hemat

Menjelang Lebaran nanti, Anda akan dimanjakan dengan berbagai diskon serta penawaran menarik lainnya dari berbagai toko dan merek ternama. Meskipun demikian, selalu pastikan Anda tidak akan segera tergoda untuk membelanjakan uang pada berbagai barang yang tidak tepat. 

Semua barang mungkin akan diperlukan, namun tentu tidak semua barang tersebut wajib untuk dibeli dan benar-benar menjadi kebutuhan. Hal inilah yang harus dipahami sejak awal, agar Anda tidak selalu kalap untuk membelanjakan uang pada barang-barang yang tidak begitu dibutuhkan.

5. Susun menu yang menarik dan sehat

Berbuka di luar tentu akan membutuhkan dana yang lumayan besar, jadi akan sangat boros jika harus melakukannya setiap hari. Selain mahal, berbuka di luar juga belum tentu memenuhi semua kebutuhan nutrisi dengan baik, terutama jika pilihan menu dan tempatnya memang kurang tepat. 

Ada baiknya menyusun dan menyiapkan menu berbuka puasa sendiri di rumah, sehingga asupan gizi selama bulan puasa dapat terpenuhi dengan baik. Selain hemat, Anda juga tentu akan lebih sehat.

6. Kendalikan keinginan belanja dengan baik

Berbagai kebutuhan Lebaran dalam bentuk kue dan penganan lainnya tentu menjadi hal yang selalu dipersiapkan. Namun hal ini tetaplah harus direncanakan dengan baik, agar Anda jangan sampai membeli berbagai kebutuhan tersebut dalam jumlah yang berlebihan. 

Meski menarik dan terasa menyenangkan, namun penting bagi Anda untuk selektif dan mengendalikan keinginan belanja dengan baik. Terkendali sejak awal Keuangan menjelang Lebaran adalah hal yang sangat penting untuk dipersiapkan sejak awal, mengingat momen ini begitu istimewa. 

Jangan sampai Anda mengalami masalah keuangan ketika menjelang atau bahkan setelah hari Lebaran nanti, hanya karena gagal mengelola keuangan sejak awal. Atur anggaran dan kendalikan keuangan dengan baik sejak awal, agar semua rencana selama Lebaran bisa berjalan dengan baik dan lancar. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya