Kisah Buruh Proyek Hemat Rp1 Juta dari Mudik Gratis

Mudik Gratis Alfamart.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA.co.id – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah, sejumlah kesempatan melakukan mudik gratis bermunculan. Animo masyarakat untuk mengikuti mudik gratis tampaknya cukup besar. 

Pengakuan Miris Pencuri di Minimarket Semarang Setelah Diamankan Polisi

Salah satunya, Sudir (56) pekerja proyek di kawasan Cililitan, Jakarta Timur yang memanfaatkan kesempatan itu. Pria asal Solo itu mengaku baru pertama kali merasakan perjalanan dengan mudik gratis yang kali ini diselenggarakan oleh PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, atau Alfamart yang bekerjasama dengan P&G.

"(Mudik) setiap tahun, tapi baru kali ini mudik gratis. Dapat tiket dari anak yang ikut pembinaan Alfamart," kata Sudir kepada VIVA.co.id, di lokasi pemberangkatan mudik gratis di Lapangan Theater Imax Keong Mas TMII, Jakarta, Kamis 22 Juni 2017. 

Berani Adang Maling, Karyawan Alfamart di Semarang Naik Jabatan Jadi Kepala Toko

Setiap tahun, Sudir selalu menggunakan moda transportasi pesawat untuk mudik ke kampung halaman. Ia mengaku senang dengan mudik gratis yang diselenggarakan oleh Alfamart kali ini yang berhasil membuat dirinya bisa berkumpul dengan keluarga di kampung halaman.

"Lebih hemat, aku waktu tahun kemarin habis Rp1 juta untuk tiket pesawat, itu untuk pulang saja," jelas dia. 

Arus Balik Gratis Sepeda Motor Semarang-Jakarta, Pelni Wanti-wanti Ini

Saat ini, Sudir melakukan perjalanan mudik dengan tiga anaknya dan lima orang cucunya. Di Solo, ungkap Sudir, dirinya merasa sangat beruntung masih memiliki kedua orang tuanya yang selalu ia tengok saat mudik Lebaran. 

"Di sana (Solo) masih ada orang tua, Ibu umur 86, Alhamdulillah masih sehat. Kalau bapak sudah 93, Alhamdulillah sehat juga," jelas dia. 

Sehari-harinya, Sudir mendapat penghasilan yang tidak menentu sebagai pekerja proyek di salah satu perusahaan sektor properti. "Penghasilan enggak nentu, tergantung proyek, kadang kalau borongan, Rp5 juta seminggu, bisa dapat segitu," ujar dia. 

Namun, Sudir mengaku selalu bersyukur dengan rezeki yang didapatkannya saat ini. Bahkan, Sudir sudah membangun rumah sendiri di Cililitan. "Sekarang Alhamdulillah, anak saya sudah tiga dan sudah nikah semua," katanya. 

Sebagai informasi, ribuan peserta mudik asyik Alfamart dan P&G tujuan Purwokerto, Solo, Yogyakarta, Surabaya dan Semarang diberangkatkan menggunakan moda transportasi bus pagi ini, Kamis 22 Juni 2017. Setidaknya ada sebanyak 2.160 tiket bus yang disediakan. 

"Kami kemarin selenggarakan khusus pedagang atau mitra, kalau saat ini adalah konsumen Alfamart yang kita kerja sama dengan produsen P&G," jelas Corporate Affairs Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Solihin. 

Tim jelajah mudik 2017 VIVA.co.id menjajal beberapa rute Tol Trans Jawa yang bakal dilewati pemudik. Banyak rute berbahaya karena gelap gulita. Kabarnya banyak yang sudah keluar jalur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya