Trik Jitu Agar Mudik Anda Tak Makan Banyak Biaya

Kendaraan pemudik saat melintas di jalan tol.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Hampir semua perantau yang merayakan Idul Fitri akan pulang kampung rayakan hari besar ini. Di Indonesia, tradisi ini dinamakan Mudik Lebaran. Inilah momen perantau pulang ke kampung halamannya bertemu keluarga dan rayakan Lebaran. 

Katanya Begini Rahasia Orang Kaya Kelola Uang

Mudik sendiri memang menyenangkan. Selain bisa menikmati kebersamaan dengan keluarga, pemudik juga bisa menikmati hari libur dengan berwisata, belanja dan mencicipi kuliner khas kampung halaman.

Karena banyaknya aktivitas transaksi, mulai dari perjalanan hingga di tempat tujuan, mudik tak jarang membuat pengeluaran membengkak. Meski sudah mendapatkan THR sekalipun, terkadang pemudik tetap kekurangan uang. 

Instrumen Investasi Syariah yang Aman Bagi Muslim

Untuk menyiasati sejumlah masalah tersebut, berikut ini trik yang bisa dimanfaatkan pemudik seperti dikutip dari CekAja.com, Kamis 22 Juni 2017

1. Buat perencanaan keuangan

Kegiatan Ekonomi yang Ternyata Dilarang dalam Islam

Sebelum mudik, buat dulu anggaran mudik Lebaran. Coba daftar pengeluaran apa saja yang akan muncul saat mudik mulai dari ongkos bensin, tiket, biaya makan dan minum, belanja oleh-oleh. 

Bahkan rinci lebih lanjut pengeluaran untuk memberi amplop pada saudara dan orang tua, biaya liburan selama di kampung halaman dan lain sebagainya. hingga biaya tak terduga. Tetapkan juga ongkos untuk sekian kebutuhan tersebut. 

Setelah daftar pengeluaran sudah ada, inilah yang nanti Anda jadikan sebagai buku pegangan saat melakukan mudik. Jangan sampai ada tambahan pengeluaran di luar daftar itu. Dengan cara ini, Anda akan terhindar dari biaya yang tidak penting.

2. Asuransikan kendaraan dan keluarga Anda

Bila Anda mudik menggunakan kendaraan pribadi, jangan lupa cek masa berlaku asuransi kendaraan Anda. Bila sudah habis segera perpanjang. Jangan sampai perencanaan keuangan mudik yang sudah dibuat berantakan karena mobil rusak.

Namun, bila Anda mudik menggunakan kendaraan umum seperti pesawat atau kereta api, lindungi perjalanan Anda dengan asuransi perjalanan. Dengan asuransi ini, sekian risiko seperti bagasi rusak atau hilang, penundaan jadwal pesawat hingga kecelakaan tidak akan membuat kondisi finansial Anda berantakan. 

Selain itu, lindungi juga diri Anda dan keluarga dengan asuransi kesehatan agar perasaan jadi lebih tenteram saat di kampung halaman

3. Hindari kelebihan bagasi jika naik pesawat

Hindari membawa barang terlalu banyak saat bepergian dengan pesawat. Ongkos pesawat saja sudah cukup menguras kantong Anda. 

Anda tidak mau bukan jika harus membayar biaya tambahan karena kelebihan bagasi? Pilah-pilah barang bawaan sebelum berangkat ke kampung halaman dengan lebih teliti. Begitu pun saat kembali ke perantauan.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya