Tradisi Pelindo I Jelang Idul Fitri

Pelindo I
Sumber :
  • Pelindo 1

VIVA.co.id – PT Pelabuhan Indonesia I atau Pelindo I menggelar pembagian 2.650 ekor ayam siap potong, berikut 2.650 paket sembako kepada masyarakat di 14 cabang pelabuhan menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

Menata Hati Sambut Bulan Suci

"Sudah menjadi tradisi setiap Lebaran, untuk menyediakan berbagai hidangan termasuk olahan ayam yang dimakan bersama dengan ketupat. Bagi-bagi ayam siap potong ini, merupakan bagian dari Program BUMN Hadir untuk Negeri, di mana Pelindo I turut berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan dan dilakukan secara serentak di seluruh wilayah kerja Pelindo I," ujar ACS Humas Pelindo I, Fiona Sari Utami dalam keterangannya, Kamis 22 Juni 2017.

Lokasi 14 cabang Pelabuhan Pelindo I tersebar di empat provinsi meliputi Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, dan Riau.

Mudik Lebaran 2017, Sebanyak 5,8 Juta Orang Naik Kereta Api

Paket sembako yang dibagikan secara gratis berisi 10 kilogram beras, satu kilogram gula pasir, dan dua liter minyak goreng. Pada kesempatan yang sama, Pelindo I juga memberikan santunan kepada 1.000 anak yatim piatu yang berada di 14 cabang Pelabuhan Pelindo I.

"Kami berharap, kehadiran Pelindo I tidak hanya sebagai penyedia jasa kepelabuhan dan logistik bagi perkembangan ekonomi di wilayahnya, tetapi turut mendukung kesejahteraan masyarakat di sekitar pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo I," ujar Fiona.

Libur Lebaran, Peredaran Uang di Jawa Barat Capai Triliunan

Dalam rangka ketepatan sasaran masyarakat yang berhak untuk memperoleh pembagian ayam siap potong, sembako dan pemberian santunan anak yatim piatu ini, Pelindo I berkoordinasi dengan RT/RW/Kelurahan.

Lokasi pembagian dan penyerahan santunan kepada anak yatim piatu ini digelar pada 14 cabang Pelabuhan Pelindo I, yaitu meliputi Cabang Malahayati, Lhokseumawe, Belawan, Kuala Tanjung, Tanjung Balai Asahan, Sibolga, Gunung Sitoli, Pekanbaru, Dumai, Tembilahan, Sei Pakning, Tanjung Pinang, Batam, dan Tanjung Balai Karimun.

Fiona menambahkan, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian, serta aksi sosial Pelindo I terhadap kondisi pada masyarakat. "Melalui kegiatan ini, kami ingin berbagi kebahagiaan dan mudah-mudahan program ini dapat membantu masyarakat yang membutuhkan menjelang Hari Raya Idul Fitri," ungkapnya.

Pelindo I merupakan pelabuhan yang memiliki lokasi strategis di Selat Malaka, yang merupakan selat tersibuk dalam lalu lintas perdagangan dunia dan saat ini sedang mengembangkan Pelabuhan Kuala Tanjung sebagai pelabuhan Hub Port Indonesia bagian barat, serta mempunyai pintu utama ekspor CPO ke seluruh dunia, yaitu melalui pelabuhan Belawan dan Dumai.

Saat ini, Pelindo I dalam upaya meningkatkan produktivitas pelayanan secara terus-menerus, telah melakukan inovasi dengan menambahkan peralatan dan perpanjangan fasilitas dermaga, sehingga untuk meningkatkan produktivitas yang lebih efektif dan efisien. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya