Alasan Kenapa Libur Lebaran Wajib Pakai Uang Non Tunai

Ilustrasi transaksi pembayaran melalui berbagai sistem Anjungan Tunai Mandiri atau debit, uang elektronik, sampai dengan kartu kredit.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Akhirnya, setelah berpuasa selama 30 hari, kita telah tiba pada hari kemenangan. Secara bersamaan, Lebaran juga dijadikan sebagai momen libur, karena pemerintah memberlakukan cuti bersama yang cukup panjang. 

Tingkatkan Inklusi Keuangan, Bank Mandiri Hadirkan e-money Edisi Khusus Nusantara

Secara total, waktu satu pekan dimanfaatkan seluruh masyarakat Indonesia untuk bersilaturahmi hingga liburan. Sudah pasti akan ada banyak pengeluaran. Nah, ketimbang harus membawa uang tunai dalam jumlah banyak, yang tentunya tidak aman, lebih baik Anda menyiapkan membawa uang elektronik.

Seperti dikutip dari CekAja.com, pada Sabtu 24 Juni 2017, berikut ini alasan lainnya kenapa selama libur Lebaran Anda wajib mengantongi uang elektronik.

Cara Agar Saldo Tiket Transjakarta Tak Hilang Saat Kartunya Hilang

1. Bayar tol

Tidak ingin macet-macetan di gerbang tol? Sebaiknya masuklah melalui gerbang tol yang melayani transaksi otomatis, alias GTO. Gerbang ini, bisa menghindari antrean karena layanannya yang lebih cepat dibandingkan gerbang tol manual. 

Naik LRT Jabodebek Bisa Pakai LinkAja di 18 Stasiun

Gerbang GTO hanya menerima transaksi uang elektronik, sehingga baiknya siapkan e-Money yang dikeluarkan sejumlah bank besar mulai dari bank Mandiri, Mandiri e-cash, BRIZZI dari BRI, TapCash dari BNI, Blink milik BTN dan Flazz yang di produksi BCA. 

Selain bisa menghindarkan Anda dari macet, ada keuntungan finansial yang akan diperoleh pengguna uang elektronik ini, karena PT Jasa Marga Tbk selaku pengelola tol memberikan diskon tarif tol 20 persen bagi pengguna uang elektronik. 

Selain itu, karena saat mudik ke kampung halaman hingga kembali ke kota perantauan Anda akan bolak-balik masuk keluar tol, tentunya penghematan yang didapat akan cukup besar.

2. Transaksi SPBU

Jika Anda liburan mudik menggunakan kendaraan pribadi, sudah pasti ongkos bahan bakar jadi salah satu pengeluaran terbesar. Daripada membeli bahan bakar menggunakan uang tunai, lebih menguntungkan bila Anda bertransaksi menggunakan uang elektronik seperti kartu kredit.

Alasannya, beberapa bank penerbit kartu kredit memberikan promo cashback hingga lima persen bagi setiap pembelian bahan bakar di SPBU menggunakan kartu kredit. 

Selain itu, transaksi menggunakan kartu kredit juga akan meningkatkan point reward. Poin ini nantinya dapat ditukarkan dengan berbagai keuntungan mulai dari voucher belanja hingga tiket pesawat gratis.

3. Belanja di minimarket

Selama liburan mudik mulai dari perjalanan hingga berwisata, Anda pasti akan sering berbelanja di supermarket maupun minimarket. Keperluan yang dibeli juga tidak sedikit seperti makanan, minuman hingga obat-obatan. 

Nah, bila Anda menggunakan uang elektronik, Anda berpotensi mendapatkan keuntungan finansial yang tak diperoleh dari uang tunai. Sebab, sejumlah penerbit kartu kredit yang bekerja sama dengan supermarket dan minimarket memberikan promo khusus bagi pengguna uang elektronik seperti diskon hingga cashback.

4. Biaya makan

Di sela-sela kegiatan silaturahmi atau perjalanan mudik, Anda ingin mengajak keluarga makan di restoran. Penerbit kartu kredit kerap menawarkan promo berupa potongan harga, atau cashback untuk transaksi di restoran tertentu. 

Manfaatkan saja kartu kredit Anda jika ingin berhemat. Namun, ingat, bayar tagihannya tepat waktu. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya