Pemudik Lebih Suka Naik Pesawat, ini Penyebabnya

Ilustrasi mudik Lebaran
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

VIVA.co.id – Jumlah penumpang arus mudik yang menggunakan moda transportasi angkutan udara tahun ini mengalami lonjakan yang signifikan dibandingkan moda transportasi lainnya. Sampai dengan H-2 Lebaran, total penerbangan mencapai 19 ribu dengan jumlah penumpang mencapai 2,5 juta.

Tarif Angkutan Barang akan Diatur Kemenhub

Direktur Jenderal Perhubungan Udara dari Kementerian Perhubungan, Agus Santoso, mengungkapkan penyebab moda transportasi angkutan udara jauh lebih menarik perhatian para pemudik. Setidaknya, ada dua faktor yang, menurut Agus, mendorong masyarakat menggunakan transportasi udara.

Pertama, adanya peralihan penumpang yang sebelumnya tidak pernah menggunakan transportasi udara, namun tahun ini menggunakan angkutan tersebut. Agus menilai, hal ini sekaligus merefleksikan tingkat kesejahteraan masyarakat Indonesia di era kepemimpinan Presiden Jokowi jauh lebih baik.

Kemenhub: Tidak Ada UU ODOL, Hanya Penguatan Regulasi

“Jadi memang bervariasi. Animo yang besar ini tidak lepas dari peran pak Jokowi membuat masyarakat lebih sejahtera,” kata Agus saat ditemui di Posko Kemenhub Jakarta, Sabtu 24 Juni 2017.

Sementara faktor kedua, lanjut Agus, adalah komitmen pemerintah maupun regulator penerbangan untuk menambah kursi penerbangan ekstra menyambut perayaan hari raya Lebaran. 

Cara Kemenhub Tingkatkan Kualitas SDM Inaportnet di Pelabuhan

Langkah tersebut, katanya, sekaligus memberikan kepastian bagi masyarakat yang menggunakan transportasi tersebut. “Ketepatan waktu dan jaminan ini menjadikan minat penumpang semakin besar,” ujarnya. (ren)
 

Bandara Soekarno-Hatta

Penumpang Domestik di Bandara Soetta Masih Wajib Antigen

Padahal, Menko Luhut sudah menyampaikan bahwa pelaku perjalanan domestik tak perlu antigen atau PCR negatif untuk perjalanan udara, darat dan laut

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2022