Gempa 7,6 SR Guncang Sumbar

Amien Usul 20% Gaji Pertama DPR untuk Korban

VIVAnews - Amien Rais mengusulkan para anggota Dewan Perwakilan Rakyat terpilih memberikan seperlima atau 20 persen gaji pertamanya untuk membantu korban gempa di Sumatera Barat. Jika gaji seorang anggota DPR adalah Rp 40 juta, maka akan diperoleh dana bantuan sebesar Rp 44,8 miliar.

"Memang kejadian Padang musibah alam yang menimbulkan kesengsaraan anak bangsa," kata Amien usai menghadiri pelantikan anggota DPR 2009-2014 di gedung parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis 1 Oktober 2009.

Menurut Amien, cara paling simpatik adalah membuat kesepakatan umum di semua fraksi: gaji pertama anggota dipotong 20 persen  atau seperlima untuk meringankan korban gempa. "Sehingga tidak hanya sekedar, petantang petenteng, apa lagi kosmetik. Tapi kalau semua fraksi itu berkumpul, kemudian dilaksanakan supaya penderitaan betul-betul dapat dikurangi," katanya.

"Tapi kalau melepaskan 20 persen gaji pertama saja berat, ini berarti memang sangat kelewatan," ujar mantan Ketua MPR itu. "Jadi DPR memang sudah terlalu lama disoroti, kurang peka, dan lain-lain."

Kekurangpekaan itu sendiri tampak dari pelantikan anggota DPR yang mewah. "Tahun 1955 nggak ada pelantikan, tapi sejak Orde Baru ada pelantikan," katanya. "Anggaran yang semakin mahal, sebaiknya dihapus atau bagaimana?" ujarnya.

"Ketika saya jadi Ketua MPR dulu, persiapan sidang seperti itu terkesan menghamburkan uang. Terus saya tantang, bagaimana kalau anggota MPR yang 700 orang itu makannya nasi bungkus, tapi ada yang bilang itu terlalu mengada-ada. Padahal itu akan dapat menimbulkan simpati karena pemimpin kehidupannya tidak jauh dari rakyat akan dipercaya," kata Amien.

Sebelumnya, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera juga mengusulkan uang prestasi anggota DPR diberikan untuk korban gempa di Sumatera Barat yang sampai siang ini telah menelan 220 korban jiwa dan ratusan gedung ambruk. PKS juga meminta Presiden menetapkan gempa itu sebagai bencana nasional.

Terdakwa Yosep Subang Diadili Bunuh Istri dan Anak Demi Uang, Korban Dibacok Pakai Golok
Sapi Albino Ko Muang Phet.

Kerbau Albino Diundang ke Gedung Pemerintah, Harganya Rp7,8 Miliar

Kerbau albino bertubuh besar ini bernama Ko Muang Phet, terkenal di kalangan peternak Thailand sebagai hewan pejantan. Tingginya 1,8 meter dan berusia empat tahun.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024