Jokowi Ungkap Alasan Dekati Arab daripada AS dan Tiongkok

Presiden Joko Widodo di Mukernas PAN
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Rahmat

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo berterus terang pemerintahnya cenderung mendekati negara-negara Arab ketimbang Amerika Serikat maupuun Tiongkok dalam urusan investasi.

Raja Salman Gelontorkan Rp12,5 Triliun untuk THR Fakir Miskin hingga Pengangguran di Saudi

Presiden mengaku sudah beberapa kali ke Timur Tengah dan bertemu para pemimpinnya. Ia menyebutkan Raja Arab Saudi Salman Bin Abdulazis, Syeikh Muhammad dari Uni Emirat Arab, hingga amir Qatar dan Presiden Afghanistan.

“Pertemuan-pertemuan itu penting sekali untuk menjaga keseimbangan agar warna kita ini tidak terlalu berada pada sisi ini dan sisi ini,” kata Presiden ketika berbicara dalam forum Musyawaran Nasional II Partai Persatuan Pembangunan di Jakarta pada Jumat, 21 Juli 2017.

Wow, Raja Salman Sumbang 20 Ton Kurma dan 50 Alquran untuk Umat Muslim di Indonesia

Menurut Presiden, Indonesia tidak boleh condong hanya dengan beberapa negara. Dia tidak ingin pemerintah dicap terlalu dekat dengan Amerika Serikat atau bahkan dengan Tiongkok.

“Tidak terlalu kebarat-baratan, tidak terlalu ke-Tiongkok-Tiongkok-an, dan tidak terlalu ke-Jepang-Jepang-an. Sehingga keseimbangan itulah yang terus ingin kita lakukan,” kata Jokowi.

Raja Salman Salurkan Bantuan Pangan Ramadhan di Indonesia

Memang, kata Presiden, belum banyak orang yang menyadari kebijakan baru pemerintah dalam urusan investasi dengan negara-negara Arab. "Keseimbangan itu baru kita proses untuk jalan. Agar negara kita ini tidak ketergantungan pada satu, dua, tiga, empat, lima, enam negara," ujarnya.

VIVA Militer: Raja Salman bin Abdulaziz.

Raja Salman Ucapkan Selamat ke Prabowo jadi Presiden Terpilih: Semoga Sukses

Raja Salman Arab Saudi,Salman bin Abdulaziz Al-Saud, memberikan ucapan selamat untuk presiden terpilih Prabowo Subianto atas kemenangannya dalam Pemilu presiden Indonesia

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024