6 Hobi Ini Jadi Pekerjaan Sampingan dengan Bayaran Tinggi

Ilustrasi menulis.
Sumber :
  • Pixabay/ StartupStockPhotos

VIVA.co.id – Tanpa kita sadari hobi yang kita miliki bisa membantu dalam melakukan sejumlah tantangan secara mental, mengurangi stres, dan berpikir lebih kreatif. Hobi juga bisa membantu kita mendapatkan beberapa uang ekstra dari pekerjaan sampingnya.

Yuk Coba, 3 Hobi di Rumah Ampuh Redam Stres

Dilansir dari laman Business Insider, pada Kamis 27 Juli 2017, disebutkan ada banyak jalan yang bisa diambil dari sisa waktu kita untuk dimanfaatkan mencari tambahan pendapatan.  

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan sejumlah hobi yang bisa dimanfaatkan dengan baik. Flexjob situs pekerjaan paruh waktu mencatat ada beberapa hobi secara musiman yang bisa dimanfaatkan.

4 Tips Merawat Koleksi Barang Kesayangan Biar Awet

Dari hobi itu, rata-rata gaji yang bisa didapat minimum ada di sekitaran US$7,25 per jam. Sedangkan, berikut ini enam hobi yang bisa dimanfaatkan dengan pendapatan terbesar, yaitu:

1. Akting 

Nostalgia Main LEGO, Kenangan Hobi Favorit Lintas Generasi

Pekerjaannya: artis dan melakukan seni peran di berbagai media seperti pada televisi, film, iklan, video games dan trailer film. Rata-rata gaji per jam: US$45 atau setara Rp599 ribu (kurs Rp13.300 per dolar AS)

2. Bernyanyi

Pekerjaannya: musisi menciptakan musik untuk kesenangan orang di berbagai tempat seperti kabaret dan lounge, selain itu terkadang tampil sebagai artis rekaman. Rata-rata gaji per jam: US$38 atau setara Rp505 ribu.

3. Menulis

Pekerjaannya: freelance writer, mengembangkan konten tertulis untuk iklan, buku, majalah, film, skrip tv, lagu, blog atau media lainnya. Rata-rata gaji per jam: US$20 atau setara Rp266 ribu.

4. Fotografi bayi

Pekerjaan: fotografer khusus untuk bayi baru lahir menggunakan keahlian teknis, kreativitas dan kemampuan khusus untuk menghasilkan gambar bayi yang menarik. Rata-rata gaji per jam: US$15 atau setara Rp199 ribu.

5. Desain grafis

Pekerjaan: freelance desainer grafis yang membuat desain untuk produk dengan komputer atau dengan tangan. Rata-rata gaji per jam: US$15 atau setara Rp199 ribu.

6. Memperbaiki rumah

Pekerjaan: Tukang dan asisten cat tembok, mengoperasikan alat-alat listrik, membuat rangkaian panggung, dan menangani tugas-tugas terkait. Rata-rata gaji per jam: US$15 atau setara Rp199 ribu.

Patut dicatat bahwa rata-rata gaji per jam dari enam profesi ini belum tentu berlaku sama di Indonesia.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya