Gempa Sumatera Barat

Gudang Uang BI Dibuka, Pasokan Lancar

VIVAnews - Kantor Bank Indonesia akhirnya berhasil membuka ruang penyimpanan uang (khazanah) yang sebelumnya sulit dibuka. Uang di dalam khazanah yang berjumlah lebih dari Rp 1 triliun itu langsung bisa digunakan.

Menurut Deputi Gubernur BI Muliaman Hadad dengan berfungsinya kembali tempat penyimpanan uang, BI mulai hari ini sudah melayani Bank Pembangunan Daerah Padang (Bank Nagari) untuk gaji pegawai negeri, dan melayani bank yang memerlukan dana tunai. "Lebih dari Rp 1 triliun di khazanah tidak ada persoalan," kata dia di Jakarta Jumat 2 September 2009.

Bank Indonesia juga mempunyai posko di Jakarta dan Padang untuk melakukan koordinasi terutama kebutuhan kliring dan distribusi uang. Meskipun KBI Padang rusak namun sudah beroperasi secara terbatas. Bank Indonesia sendiri saja pindah kantor ke sebuah rumah.

Diharapkan sistem pembayaran dapat berfungsi secara normal pada Senin 5 Oktober 2009, apalagi listrik dan genset sudah tersedia sehingga RTGS, kliring, dan sistem akutansi terhubung dengan jaringan. BI juga akan bekerjasama dengan Pertamina untuk menyediakan bahan bakar genset agar bisa menghidupkan ATM di bank-bank Padang.

Mobil Listrik Vinfast Pakai Sistem Sewa Baterai, Segini Biayanya
Gelombang tinggi laut terjang pesisir pantai (foto ilustrasi)

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan pada 20 hingga 21 A

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024