BISNIS

Gempa Sumatera Barat

Gudang Uang BI Dibuka, Pasokan Lancar

Semula tempat penyimpanan uang BI di Padang tidak bisa dibuka.

ddd
Jum'at, 2 Oktober 2009, 19:47
Bank Indonesia
Bank Indonesia (VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis)

VIVAnews - Kantor Bank Indonesia akhirnya berhasil membuka ruang penyimpanan uang (khazanah) yang sebelumnya sulit dibuka. Uang di dalam khazanah yang berjumlah lebih dari Rp 1 triliun itu langsung bisa digunakan.

Menurut Deputi Gubernur BI Muliaman Hadad dengan berfungsinya kembali tempat penyimpanan uang, BI mulai hari ini sudah melayani Bank Pembangunan Daerah Padang (Bank Nagari) untuk gaji pegawai negeri, dan melayani bank yang memerlukan dana tunai. "Lebih dari Rp 1 triliun di khazanah tidak ada persoalan," kata dia di Jakarta Jumat 2 September 2009.

Bank Indonesia juga mempunyai posko di Jakarta dan Padang untuk melakukan koordinasi terutama kebutuhan kliring dan distribusi uang. Meskipun KBI Padang rusak namun sudah beroperasi secara terbatas. Bank Indonesia sendiri saja pindah kantor ke sebuah rumah.

Diharapkan sistem pembayaran dapat berfungsi secara normal pada Senin 5 Oktober 2009, apalagi listrik dan genset sudah tersedia sehingga RTGS, kliring, dan sistem akutansi terhubung dengan jaringan. BI juga akan bekerjasama dengan Pertamina untuk menyediakan bahan bakar genset agar bisa menghidupkan ATM di bank-bank Padang.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com