Pemerintah Ngotot Terapkan Cukai Plastik

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Kanan).
Sumber :
  • R. Jihad Akbar/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Kementerian Keuangan terus berupaya memasukkan komponen cukai plastik sebagai penambahan objek cukai baru. Namun, rencana tersebut hingga masih menunggu persetujuan Komisi XI DPR sebagai mitra pemerintah.

Pemanfaatan Aset Negara Buat Bangun IKN Jadi Fokus Kerja DJKN 2022

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Suahasil Nazara mengatakan, pembahasan penambahan objek cukai baru bersama Komisi Keuangan DPR masih tahap konsultasi.

Namun, dalam masa sidang berikutnya, pemerintah tetap mengagendakan pembahasan cukai plastik. “Terakhir, kami akan konsultasi dengan DPR. Semoga tetap jadi, dan harus jadi,” kata Suahasil di Jakarta, Jumat 18 Agustus 2017.

Mau Beli ORI021 Bunga 4,9 Persen, Ini 28 Mitra Distribusinya

Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan telah dimasukkan komponen cukai plastik ke dalam pos penerimaan cukai lain.

Jika bisa diterapkan tahun ini akan menyumbang penerimaan negara sebesar Rp1,6 triliun. Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, menegaskan akan kembali mengusulkan objek penambahan barang kena cukai tahun depan.

Polisi Tangkap Pegawai DJKN Pemalsu Surat Lahan BLBI 

Setelah mundur dua tahun, Kemenkeu optimistis DPR akan menyetujui plastik dikenakan cukai tahun depan. “Cukai plastik sebenarnya sudah masuk sejak tahun lalu. Tapi belum dijalankan. Makanya, kami melakukan berbagai persiapan.” (mus)

Gedung Kementerian Keuangan Republik Indonesia

Kemenkeu Catat Aset Tanah PTNBH Senilai Rp161,30 Triliun

Untuk nilai BMN berupa tanah di 12 PTNBH. Jenis aset PTNBH terbagi menjadi dua yang salah satunya tanah.

img_title
VIVA.co.id
29 Januari 2022