Cara Raup Untung dari Bisnis Jasa Rental Komputer

Ilustrasi/Penggunaan komputer.
Sumber :
  • ANTARA/Eric Ireng

VIVA.co.id – Saat ini, kebutuhan masyarakat akan komputer sangatlah meningkat, bahkan komputer menjadi salah satu kebutuhan utama di dalam bidang pendidikan dan pekerjaan. Hampir semua orang membutuhkan komputer, mulai dari pekerja, karyawan, hingga ibu rumah tangga sekali pun.

Sempat Diremehkan, Michella Ham Bagi Tips Sukses Bangun Bisnis di Usia 23 Tahun

Sayangnya, tak semua orang memiliki komputer. Selain itu, meskipun memiliki laptop, atau pun komputer, beberapa orang lebih senang menggunakan jasa rental pengetikan, sehingga dapat mempermudah pekerjaannya.

Hal ini yang sebenarnya dapat dijadikan sebagai peluang bisnis. Dengan tingginya tingkat kebutuhan komputer dan efisien dalam waktu, jasa rental komputer, tentunya menjadi peluang bisnis yang cukup menguntungkan.

5 Tips Bisnis, Memulai Usaha Rumahan Modal Kecil di 2023

Untuk membuka bisnis jasa rental komputer, tak membutuhkan modal yang begitu besar. Dengan memfasilitasi tempat Anda dengan berbagai komputer dan peralatan lainnya, paling tidak minimal modal yang harus dikeluarkan sekitar Rp10 juta.

Namun, dalam merintis rental komputer ini, tentunya banyak hal yang harus dipertimbangkan selain modal usaha. Nah berikut ini Cermati.com sampaikan tips yang dapat membantu dalam membuka bisnis jasa rental komputer.
 
1. Lokasi tempat usaha

Kiat CEO Ternama Bangkit dari Keterpurukan

Lokasi tempat berdirinya usaha akan sangat berpengaruh pada keberlangsungan bisnis rental komputer. Sesuai yang dijelaskan sebelumnya, jasa rental komputer identik dengan bidang pendidikan dan pekerjaan.

Untuk itu, akan lebih baik jika Anda memilih lokasi yang cukup strategis seperti dekat sekolah, kampus, kantor, dan tempat lainnya yang memang membutuhkan jasa pengetikan. Sehingga, nantinya peluang yang dimiliki pun juga sangat besar.

Perlu diingat, meskipun dekat dengan tempat-tempat tersebut, akan lebih baik lagi jika lokasi usaha berada di dekat tempat-tempat pendidikan yang terletak di area jalan raya. Sehingga, tempat Anda akan mudah terlihat dan tentunya tidak akan sepi pengunjung.

2. Peralatan yang diperlukan

Tentunya, dalam membuka bisnis jasa rental komputer, Anda membutuhkan peralatan-peralatan yang digunakan seperti komputer, CD room, meja, printer, kertas HVS, dan masih banyak lagi.

Tentunya, dalam bisnis rental komputer, Anda membutuhkan lebih dari satu komputer yang bisa digunakan. Untuk komputer sendiri, tak perlu membeli komputer dengan harga yang mahal.

Cukup gunakan komputer atau PC yang harganya murah asal bisa dipakai, atau barang second dengan kondisinya yang masih baik. Akan lebih baik lagi, jika melengkapi tempat Anda dengan berbagai kebutuhan-kebutuhan alat tulis kantor yang sering digunakan banyak orang.

3. Kemampuan mengetik

Ketika Anda membuka jasa rental komputer, tentunya hal yang sangat diperlukan adalah jasa pengetikan. Ketika seseorang menggunakan jasa pengetikan untuk menyelesaikan semua pekerjaannya, tentu saja hal itu bertujuan agar pengetikan pengerjaannya dapat cepat selesai.

Untuk itu, tentunya Anda harus mahir dalam mengetik 10 jari dengan waktu yang sangat cepat. Anda juga bisa memperkerjakan karyawan yang memiliki skill tersebut. Tak hanya kemampuan dalam mengetik saja, pengetahuan tentang pengaturan Microsoft Word tentunya juga harus dipahami.

Selain itu, pahami juga tata penulisan Bahasa Indonesia yang baik dan benar karena itu merupakan hal yang terpenting.

4. Promosi

Untuk membuat bisnis semakin dikenal oleh kalangan sekitar, tentu saja Anda harus mempromosikan usaha yang dimiliki. Anda bisa membuat brosur yang disebarkan di sekolah, kampus, atau kantor yang berada di sekitar tempat usaha yang akan dibuka.

Namun, jika Anda tidak ingin mengeluarkan biaya yang banyak untuk promosi, lakukan promosi via online.

5. Berikan diskon atau bonus

Untuk menarik banyak konsumen yang datang, Anda bisa mencoba untuk memberikan diskon atau bonus bagi pelanggan. Tentukan sendiri berapa jumlah yang ditargetkan untuk mendapatkan bonus ataupun potongan harga. Dengan begitu, konsumen akan sering datang ke tempat Anda.

Lakukan dengan sungguh-sungguh

Apapun bisnis yang dijalani saat ini, lakukan dengan sungguh-sungguh. Tanamkan sikap kerja keras dalam diri Anda, sehingga nantinya bisnis yang dijalani dapat sukses. Sesuaikan pula bisnis Anda dengan perkembangan masyarakat kini agar keberlangsungan bisnis tetap terjaga dengan baik. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya