Rp330 Miliar untuk Bangun Pabrik Bahan Sepatu Sneakers

Berburu sneakers langka.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putri Firdaus

VIVA.co.id – Melemahnya ekonomi global tak lantas menyurutkan keinginan investor Penanaman Modal Asing (PMA) masuk ke Indonesia. Sebab, dalam waktu dekat, perusahaan bahan sepatu papan atas asal Korea Selatan akan bangun pabrik di Karawang pada 2018.

Panduan Lengkap Investasi Reksadana untuk Pemula, Dari A sampai Z

Perusahaan asal Negeri Ginseng ini direncanakan menanamkan investasi Rp330 miliar dengan membangun pabrik di kawasan industri Karawang. Pabrik akan mempekerjakan 500 orang.

Presiden PT Dong-Jin Textile Indonesia, Choi Woo Chui, mengatakan, perusahaan akan membangun pabrik pada 2018 dan akan memulai produksi tekstil bahan sepatu 'Sneakers' di Karawang, Jawa Barat pada awal 2019.

Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya

Menurut dia, pabrik yang akan dibangun di Karawang akan menjadi fasilitas keempat di luar Korea Selatan. Dan sebelumnya tiga pabrik lain sudah dibangun dan produksi di Vietnam.

Sementara itu, Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan, Umar Hadi, saat berkunjung ke kantor Dong-Jin di Busan Korea mengatakan bahwa kedubes akan terus mengawal investasi perusahaan tersebut ke Indonesia.

Ketahui Manfaat dan Risiko Saham Blue Chip, Dapatkan Dividen yang Konsisten

Menurut dia, kedubes sangat concern terhadap investasi dari Korea Selatan yang tidak hanya menyerap banyak tenaga kerja, tetapi juga sebagai substitusi impor yang sekaligus menambah komoditas ekspor.

"KBRI Seoul akan membantu menghubungkan perusahaan dengan lembaga-lembaga pendidikan seperti SMK dan sekolah tinggi tekstil di Indonesia agar bisa merekrut tenaga-tenaga terampil," ujar Umar dalam keterangan pers, Kamis 24 Agustus 2017.

Produk Dong-Jin adalah tekstil sintetis untuk bahan sepatu 'Sneakers' yang sebagian besar menjadi pasokan bagi merek terkenal seperti Nike dan Adidas.

Tekstil produksinya dikenal berkualitas tinggi, ringan, dan nyaman di kaki (breathable). Teknologi tinggi diterapkan baik dalam desain produk maupun proses produksinya.

Pabrik yang akan didirikan di Karawang akan menerapkan standar teknologi yang sama dengan di Korea Selatan, termasuk dalam soal pengolahan limbah. Jadi aman untuk lingkungan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya