Laporan dari Vietnam

Indonesia Tawarkan Wisata Ziarah ke Vietnam

VIVAnews - Pemerintah Indonesia menyadari masih sedikit turis asal Vietnam yang datang ke tanah air. Maka, kini perlu dipikirkan pendekatan khusus yang bisa menarik minat banyak turis Vietnam untuk berkunjung. Salah satunya dengan menawarkan wisata ziarah ke Borobudur.

Menurut Direktur Jenderal Pemasaran dari Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, Sapta Nirwandar, "Data tahun lalu menunjukkan bahwa jumlah pengunjung Vietnam hanya sebanyak 30.000 orang." "Ini harus ditambah," kata Nirwandar usai menyaksikan pembukaan layanan baru maskapai penerbangan AirAsia rute Jakarta-Ho Chi Minh di kota terbesar Vietnam itu, Jumat 9 Oktober 2009.

Indonesia masih mengambil porsi yang sangat sedikit dalam menjaring turis dari negeri pesisir Sungai Mekong itu. "Padahal, pemerintah Vietnam mengungkapkan bahwa jumlah warga mereka yang pesiar ke luar negeri [outbound] sedikitnya berjumlah satu juta orang setiap tahun. Ini merupakan pasar yang cukup besar," kata Nirwandar.

Maka, dia menawarkan strategi khusus untuk menarik minat lebih banyak pelancong asal Vietnam ke Indonesia. Strateginya adalah menawarkan wisata ziarah ke Candi Borobudur.

"Di Vietnam, banyak warga yang beragama Buddha. Saya lihat potensi besar untuk menarik minat mereka melakukan wisata ziarah ke Candi Borobudur, misalnya. Wilayah kita pun banyak situ-situ peninggalan agama Budha. Ini bisa menjadi pendekatan yang bagus untuk memperlihatkan kepada mereka bahwa Indonesia tidak hanya memiliki Bali, namun juga tempat-tempat lain yang menarik untuk dikunjungi," kata Nirwandar.

Maka, dia menilai bahwa pembukaan rute Jakarta - Ho Chi Minh dan sebaliknya merupakan momentum yang tepat untuk mendongkrak jumlah wisatawan asal Vietnam.

Bersamaan dengan peresmian rute Jakarta-Ho Chi Minh ini, AirAsia menawarkan promosi all-in-fare yang dimulai dari harga VND 696.000 (Rp 199.000) untuk satu arah (one-way). Tawaran ini berlaku untuk periode pemesanan yang dimulai sejak 7 hingga 15 Oktober 2009, untuk periode terbang antara 18 Oktober 2009 hingga 31 Juli 2010. 

Ten Hag Bawa 3 Pemain Man Utd U-18 ke Tim Senior
Ilustrasi emas batangan

Pecahkan Rekor Tertinggi, Harga Emas Hari Ini Tembus Rp 1.249.000 Per Gram

Harga emas keluaran logam mulia Antam 24 karat mengalami kenaikan Rp 27 ribu per gram pada hari ini yang artinya harganya sekarang Rp 1.249.000 per gram.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024