Beroperasi, 2 Ruas Tol Trans Sumatera Ini Tak Terima Tunai

Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna.
Sumber :
  • Raden Jihad akbar/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Dua Jalan Tol di ruas Trans Sumatera yang akan diresmikan Presiden Joko Widodo hari ini langsung menggunakan sistem transaksi 100 persen non tunai. Dua jalan itu adalah Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi dan Tol Medan-Binjai. 

LMAN Kucurkan Rp650 Miliar untuk Pembebasan Lahan Tol Binjai-Langsa

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengatakan hal ini dilakukan demi mendukung Gerakan Nasional Non Tunai. Kedua ruas tersebut langsung menggunakan sistem non tunai, tanpa menyisakan satu pun gerbang tol dengan sistem pembayaran tunai.

"Ya, semua (elektronifikasi)," kata Herry TZ kepada VIVA.co.id, di Sumatera Utara, Jumat 13 Oktober 2017. 

Jokowi Resmikan Jalan Tol Binjai-Stabat, Intip Spesifikasi Tolnya

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Presiden Joko Widodo akan meresmikan dua ruas tol ini sekaligus pada pukul 16.30 WIB di Gerbang Tol Kualanamu. Jokowi juga dikabarkan akan memperagakan langsung pembayaran transaksi secara non tunai di Gerbang Tol Kualanamu.

"Memang targetnya tgl 31 Oktober setelah itu transaksi semua menggunakan uang elektronik. Kepada jalan tol baru harus secara maksimal mensosialisasikan," kata dia. 

Jokowi Resmikan Jalan Tol Penghubung Sumatera Utara dan Aceh

Sebagai informasi, Jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi seksi 2-6 membentang dari Kualanamu-Sei Rampah sepanjang 41,65 km yang dikelola oleh anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk, yaitu PT Jasa Marga Kualanamu Tol (Persero).

Sedangkan, ruas tol Medan Binjai seksi 2 dan 3 atau dari Helvetia-Semayang-Binjai dikelola oleh PT Hutama Karya (Persero). 

Penumpang Air Asia yang ditangkap di Bandara Kualanamu, Sumut

Selundupkan Sabu, Penumpang Air Asia Asal Aceh Gagal Terbang ke Soeta

Pelaku berinisial M asal Aceh itu diamankan petugas bandara Kualanamu Medan karena bawa narkoba jenis sabu.

img_title
VIVA.co.id
15 Februari 2022