Hunian Luar Jakarta Masih Pilihan Utama Milenial

Ilustrasi investasi rumah yang tepat
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA – Hunian di kawasan Cikupa, Tangerang, Bekasi, dan Bogor masih menjadi pilihan utama para milenial. Generasi ini mendominasi permintaan akan rumah tapak (landed house) di luar Jakarta.

Komunitas Orang Papua di Yogyakarta Dukung Prabowo-Gibran Menang Satu Putaran

Besarnya minat milenial, salah satunya karena pertimbangan ketersediaan dan perkembangan infrastruktur transportasi yang menunjang kawasan perumahan dan menghubungkannya dengan Ibu Kota Jakarta.

Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch, Ali Tranghanda, mengatakan, selain infrastruktur, besarnya minat milenial mencari hunian di luar Jakarta juga karena belum mampu memenuhi harga rumah tapak di Jakarta yang tinggi.

Profil Andi Jerni, Atlet Karate yang Sentil Balik Omongan Megawati Soal Sumbangsih Generasi Milenial

Saat ini, harga rumah tapak yang terjangkau memang berada di luar Jakarta yakni Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Banten, sehingga ini yang banyak disasar oleh pembeli rumah pertama dalam hal ini generasi milenial.

“Kalau pun mau tinggal di Jakarta yang paling terjangkau itu apartemen. Namun, apartemen juga sudah relatif mahal kecuali perumahan yang ada di daerah TOD (transit oriented development) yang dibangun Perumnas,” tutur Ali dalam keterangannya, Kamis 19 Oktober 2017.

Viral Lagi Video Megawati Remehkan Sumbangsih Generasi Milenial pada Negara, Disentil Atlet Karate

Selain itu, Ali mengungkapkan, minat generasi milenial membeli rumah tapak di luar Jakarta didorong oleh proyek infrastruktur transportasi publik yang meningkatkan konektivitas antara daerah luar Jakarta dengan ibu kota.

Saat ini, proyek infrastruktur yang jadi perhatian adalah proyek Kereta Api Ringan (LRT) ke arah timur seperti Bekasi. Begitu juga daerah selatan seperti Bogor. Sementara itu, Depok masih diminati karena didukung akses commuter line (KRL).

Wilayah barat yang dahulu lebih banyak menggunakan akses jalan tol, kini pemerintah dalam proses perencanaan pembangunan perpanjangan KRL maupun MRT dari Balaraja hingga Maja, termasuk kereta api cepat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya