RI Bangun Kota Mandiri di Perbatasan Malaysia

VIVAnews - Pemerintah membangun kota terpadu mandiri (KTM) Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau yang merupakan pulau terluar yang berbatasan langsung dengan Malaysia dan Singapura.

"Pembangunan KTM Pulau Rupat yang berada di kawasan perbatasan dilakukan untuk menegakkan kedaulatan bangsa dan negara, sehingga tidak diincar dan diklaim negara lain," kata Direktur Jenderal Pembinaan Pemukiman dan Penempatan Transmigrasi Depnakertrans Harry Heriawan Saleh dalam keterangan pers di Jakarta, Kamis, 15 Oktober 2009.

Selain itu, dia menambahkan, pembangunan KTM Pulau Rupat dimaksudkan untuk memberdayakan potensi sumber daya alam bagi kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan pendapatan asli daerah.
 
Pencanangan KTM Pulau Rapat dilakukan hari ini, 15 Oktober 2009 yang ditandai dengan penyerahan ijin prinsip lokasi dari Departemen Kehutanan.
 
Selain sebagai sabuk pengaman (security belt) nusantara, KTM seluas 152.955 hektare itu dirancang untuk mengembangkan komoditas unggulan setempat berupa usaha perkebunan tebu dan kepala sawit.

"Tersedia lahan seluas 49.775 hektare dan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 8.000 orang," kata Harry.
 
Nantinya, akan dibangun basis usaha perkebunan tebu dan pabrik gula yang ditandai dengan pembukaan kebun tanaman tebu yang mendukung program pemerintah untuk menekan impor gula dan menuju swasembada gula nasional.


antique.putra@vivanews.com

Rumah di Bangkalan Hancur Usai Petasan Meledak, 3 Orang Jadi Korban
Manchester United

Prediksi Semifinal Piala FA: Coventry City vs Manchester United

Duel Coventry City vs Manchester United dalam Semifinal Piala FA di Stadion Wembley, Minggu 21 April 2024, pukul 21.30 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024