Tips Jitu Gadai Laptop di Pegadaian

Kantor Pusat Pegadaian
Sumber :

VIVA – Pegadaian adalah salah satu lembaga keuangan BUMN yang dapat membantu Anda mengatasi masalah keuangan dengan beberapa cara. Salah satunya menggadaikan laptop milik Anda, untuk mendapatkan uang cash secara langsung, berdasarkan hasil taksiran barang yang digadaikan tersebut.

Sinergi BRI - Pegadaian, Luncurkan Kartu Kredit Berbasis Tabungan Emas

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menggadaikan emas serta melakukan transaksi keuangan lain dengan mudah lewat Pegadaian. Sebagian besar orang memilih Pegadaian karena terbukti, selain lembaga ini resmi dari pemerintah, proses yang dilalui mendapatkan pinjaman setelah menggadai itu cukup cepat dan mudah.

Kemudian, nilai bunga yang ditetapkan oleh Pegadaian juga lebih rendah, sehingga tidak akan membuat Anda rugi atas pinjaman yang dilakukan. Barang yang Anda gadai di Pegadaian juga terjamin aman.

Ada Emas 7,1 Ton di Kantor Pegadaian Ini

Berikut ini adalah trik jitu agar gadai laptop di Pegadaian menjadi lebih menguntungkan, seperti dikutip dari Cermati.com, Kamis 16 November 2017:

1. Siapkan laptop dan kuitansi pembeliannya

BRI dan Pegadaian Terbitkan Kartu Emas, Bisa Buat Tarik Tunai

Pihak Pegadaian akan menerima laptop yang akan digadaikan, bila disertai dengan bukti pembeliannya berupa struk atau kuitansi pembelian. Kuitansi ini diperlukan untuk petugas penaksir memperkirakan nilai laptop dengan baik.

Umumnya, pihak Pegadaian akan memeriksa spesifikasi laptop dan mengecek kondisi kelengkapan laptop secara keseluruhan.

2. Buat survei terlebih dahulu

Kita tidak pernah mengetahui, berapa harga taksiran yang akan diberikan pihak Pegadaian saat akan menggadaikan laptop tersebut. Oleh sebab itu, sebaiknya melakukan survei terlebih dulu mengenai harga pasaran dari laptop tersebut.

Biasanya jika laptop tersebut sudah cukup lama, nilai pinjaman yang mungkin akan diberikan tidak terlalu tinggi. Sebaliknya, jika masih baru, mungkin nilainya bisa lebih tinggi. Dengan survei seperti ini, nantinya antara petugas Pegadaian dan Anda tidak akan ada salah tafsir mengenai nilai laptop tersebut.

3. Membawa persyaratan untuk gadai

Pegadaian tidak meminta syarat yang sulit untuk bisa mengajukan pinjaman lewat gadai barang atau emas. Syarat yang harus dipenuhi adalah menyiapkan dokumen seperti KTP atau SIM asli dan juga salinannya.

Saat masuk ke kantor Pegadaian, jangan lupa untuk membawa barang atau laptop Anda beserta kuitansi pembeliannya. Kemudian, Anda akan diwajibkan mengisi formulir data diri terlebih dulu.

4. Pahami sistem gadai di Pegadaian

Ada beberapa hal yang wajib Anda ketahui terlebih dulu ketika akan menggadaikan laptop, yaitu dengan membaca secara teliti tentang perjanjian syarat gadai laptop di Pegadaian.

Jika ada yang kurang mengerti, Anda bisa tanyakan langsung pada petugas Pegadaian di sana. Sebaiknya, tanyakan perihal masa pinjaman dan cicilan yang diberikan.

5. Pahami sistem bunga yang diberikan Pegadaian

Di Indonesia, Pegadaian ini terdapat dua jenis yaitu Pegadaian konvensional dan Pegadaian syariah. Sistem bunga yang mereka terapkan untuk Pegadaian konvensional berlaku selama 15 hari. Sementara itu, dari Pegadaian syariah, sistem bagi hasil akan dilakukan selama 10 hari dari saat peminjaman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya