Awal Beroperasi, Kereta Bandara Hanya Layani Sudirman-Soetta

Sebagian jadwal KA Bandara dari stasiun Sudirman.
Sumber :
  • Viva.co.id/Fikri Halim

VIVA –   PT Railink sebagai operator Kereta Api Bandara mulai menginformasikan secara resmi jadwal perjalanan KA Bandara Soekarno-Hatta. Khususnya, rute Stasiun Sudirman Baru sampai dengan Stasiun Soekarno-Hatta.

Ingin Diintegrasikan, Jokowi Minta Transportasi Publik Harus Mudah dan Nyaman

Direktur Utama PT Railink, Heru Kuswanto mengatakan, KA Bandara Soekarno-Hatta ini nantinya akan melayani penumpang di lima Stasiun, yaitu Stasiun Manggarai, Sudirman Baru, Duri, Batu Ceper, dan Bandara Soekarno-Hatta.

"Namun, pada awal operasional kami akan melayani penumpang di dua stasiun terlebih dahulu yaitu  Sudirman baru dan  Bandara Soekarno-Hatta. Sedangkan ketiga stasiun lainnya sedang tahap pembangunan," ujar Heru dalam keterangan tertulisnya, Senin, 20 November 2017.

KAI Commuter Sebut Tak Ada Korban Dalam Insiden Kereta Bandara Tabrak Stasiun Bandara Soetta

Selain itu, kata dia, untuk pemesanan tiket KA Bandara Soekarno-Hatta pihaknya telah mengembangkan sistem sendiri dengan nama Airport Railways Ticketing System (ARTS). Di mana transaksi tiket dilakukan secara non tunai melalui mobile aplikasi, internet booking dan vending machine.

"Vending machine telah kami siapkan di masing- masing stasiun, kemudian untuk mobile aplikasi dan internet booking akan kami rilis pada hari peresmian KA Bandara Soekarno-Hatta nanti,” ujarnya.
 
PT Railink saat ini telah menyiapkan setidaknya 10 trainset KA Bandara Soekarno-Hatta dengan kapasitas 33.000 penumpang setiap harinya. KA Bandara ini dilengkapi berbagai fasilitas yang ada di stasiun dan perjalanan.

Kereta Bandara Tabrak Batas Aman Stasiun Bandara Soetta Akibatkan Kaca Pecah

Satu trainset terdiri dari 6 kereta yang mampu mengangkut 272 penumpang. Interior kereta didesain seperti di pesawat, penumpang dapat mengatur kemiringan kursi dan sandaran tangan. Kereta juga dilengkapi dengan pendingin udara (full AC), pengisi daya ponsel (charging port), dan toilet terpisah antara laki-laki dan perempuan.

Selain itu, di tiap kereta juga dilengkapi bagasi khusus untuk menempatkan barang bawaan penumpang serta empat layar TV LED untuk hiburan dan juga memberikan informasi posisi kereta. Sementara, stasiunnya sendiri dilengkapi dengan fasilitas antara lain vending machine, tapping gate, eskalator, galeri ATM, waiting lounge, commercial area, meeting room, toilet, dan musala. Khusus di Stasiun Bandara Soekarno-Hatta bahkan dilengkapi dengan konektivitas ke integrated building dan APMS/skytrain.

Jika telah beroperasi nanti, waktu tempuhnya disebut relatif cepat, hanya 55 menit dengan rute Stasiun Manggarai - Stasiun Sudirman Baru - Stasiun Duri - Stasiun Batu Ceper - dan Stasiun Bandara Soekarno - Hatta.
 
"Dengan pengoperasian KA Bandara Soekarno-Hatta ini nanti diharapkan bisa menambah pilihan bagi masyarakat dalam mengakses bandara terbesar di Indonesia itu," ujar Heru. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya