3 Negara Diduga Lakukan Dumping Terigu

VIVAnews - Tiga produsen terigu nasional yang mengajukan petisi antidumping terigu pada tiga negara akan memaparkan hasil investigasi mereka di depan Komite Anti Dumping Indonesia, Senin 19 Oktober 2009.

Pada 16 Oktober 2008, tiga produsen terigu nasional yakni PT Eastern Pearl Flour Mills, PT Sriboga, PT Panganmas mengirimkan petisi anti dumping kepada Komite Anti Dumping.

ASDP Catat 98,2 Persen Penumpang Ferry Sudah Punya Tiket saat Sampai Pelabuhan


Sebanyak tiga negara, Srilangka, Turki, dan Australia, dituduh melakukan dumping ketika masuk ke pasar Indonesia.

"Senin kami akan public hearing," kata Direktur Eksekutif Asosiasi Produsen Tepung Terigu Indonesia Ratna Sari Loppies di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ratna optimistis hasil investigasi yang dilakukannya bisa menjerat tiga negara tertuduh. Itu karena investigasi disuplai data oleh salah satu petisioner, PT Eastern Pearl Flour Mills, yang juga berproduksi di Turki.

"PT Eastern Pearl juga memiliki pabrik di Turki, jadi tahu benar praktik di sana," katanya.

Akibat dumping, menurut Ratna, total produksi tiga produsen tepung terigu tersebut turun 8,7 persen. Selain itu dumping juga menyebabkan pasar terigu impor meningkat 7,8 persen.

hadi.suprapto@vivanews.com

Ketua BKSAP DPR RI, Fadli Zon

Fadli Zon Sebut Perang Iran-Israel Berpotensi Meluas dan Picu Perang Dunia III

Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon menyatakan deeskalasi atau menahan diri dapat mencegah meluasnya konflik di Timur Tengah saat ini.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024