Pyridam Berniat Akuisisi Perusahaan Farmasi

VIVAnews - PT Pyridam Farma Tbk (PYFA) dikabarkan akan mengakuisisi perusahaan farmasi lokal maupun asing di tahun ini.

"Hal itu, sebagai aksi gencarnya ekspansi perseroan meluncurkan sejumlah produk baru," kata sumber VIVAnews di Jakarta, Jumat malam, 16 Oktober 2009.

Sekretaris Perusahaan Pyridam Farma Ryan Arvin saat dimintai konfirmasinya mengakui, rencana akuisisi perusahaan tersebut sedang dibahas dan dikaji perseroan. "Betul itu, kita memang ada niat ke arah akuisisi perusahaan farmasi lokal maupun asing," ujarnya kepada VIVAnews di Jakarta, Senin, 19 Oktober 2009.

Namun, kata dia, langkah tersebut tetap tergantung kondisi perusahaan dan situasi ekonomi. "Jadi, belum tentu terealisasi tahun ini," tutur Ryan.

Per 30 September 2009, PT Pyridam Internasional memiliki saham berkode PYFA sebesar 54 persen, Rani Tjandra 12 persen, dan Sarkri Kosasih mencapai 12 persen. Sedangkan sisanya dimiliki publik.

Pada perdagangan sesi I Senin, PYFA dibuka menguat Rp 1 ke level Rp 126 dari transaksi akhir pekan lalu yang ditutup menguat di posisi Rp 125.

Menurut analis PT Optima Securities Ikhsan Binarto, rencana akuisisi tersebut bisa saja terjadi. Sebab, kompetitor perseroan juga melakukan hal serupa. "Mau tak mau, Pyridam mesti melakukan ekspansi agar bisa bersaing," ujarnya.

Namun, dia mengaku langkah akuisisi itu tetap mesti ditinjau lebih jauh. Terutama, perusahaan farmasi apa yang akan diakuisisi perseroan. "Kalau memberikan nilai lebih akan berdampak positif bagi kinerja dan pergerakan saham PYFA di bursa," kata Ikhsan.

Sampai kuartal II-2009, perseroan membukukan penjualan bersih Rp 67,59 miliar atau meningkat 14,59 persen dari periode yang sama 2008 yang hanya mencapai Rp 58,99 miliar.

Pada periode enam bulan yang berakhir 30 Juni 2009 tersebut, Pyridam Farma juga mencatatkan laba bersih mencapai Rp 4,85 miliar atau naik 77,77 persen dibandingkan periode sama tahun lalu yang hanya sebesar Rp 2,73 miliar.


antique.putra@vivanews.com

Motor Baru Jangan Sampai Kehabisan Bensin, Risikonya Besar
Pertemuan Prabowo Subianto dengan Muhaimin Iskandar Usai Pemilu 2024

Sinyal PKB Merapat ke Prabowo, Presiden PKS: Kita Hormati Keputusan Pak Muhaimin

Muhaimin Merapat ke Prabowo, Presiden PKS: Kita Hormati Keputusan Pak Muhaimin

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024