Siap-siap, Tarif 13 Ruas Tol Akan Dievaluasi Pemerintah

sorot non tunai - gerbang tol e-toll
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Risky Andrianto

VIVA – Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Herry Trisaputra Zuna, mengatakan, pihaknya tengah melakukan evaluasi penyesuaian tarif di 13 ruas tol.

Ini Rincian Tarif Jalan Tol Trans Sumatera pada Mudik Lebaran 2023

"Hasil dari evaluasi, 13 ruas yang direkomendasikan. Empat di antaranya dilakukan peningkatan tarif," kata Herry di kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat 24 November 2017.

Herry menambahkan, empat ruas yang telah menyesuaikan tarif ialah Tangerang-Merak, Cikampek-Palimanan, Makassar Seksi IV, dan Gempol-Pandaan.

Resmi Naik, Segini Tarif Baru Jalan Tol Bogor Outer Ring Road

Sementara itu, untuk sembilan ruas tol lainnya, menurut Herry, evaluasinya sudah selesai dan tinggal menunggu usulan tarif. Kenaikan tarif disesuaikan setiap dua tahun berdasarkan inflasi.

"Perkalian tarif sebelumnya dengan tingkat inflasi dua tahun sebelumnya. Sebelum tarif dinaikkan harus memenuhi SPM (Standar Pelayanan Minimum). SPM dipenuhi baru berhak kenaikan dua tahun. Tidak serta merta tiap tahun naik," paparnya.

Tarif Tol Tangerang-Merak Akan Naik pada Tahun 2023

Herry menjelaskan, selama ini, inflasi diasumsikan sebesar tujuh persen. Namun, realisasinya inflasi hanya tiga persen, bahkan ada daerah yang mencatatkan deflasi. (art)

Suasana ruas jalan tol Jagorawi dari arah Jakarta menuju Ciawi. (ilustrasi)

Tarif Tol Jagorawi dan Sedyatmo Resmi Naik Hari Ini, Simak Rincian Harganya

Tarif tol Jakarta-Bogor-Ciawai (Jagorawi) dan Sedyatmo resmi mengalami kenaikan hari ini, Minggu 20 Agustus 2023.

img_title
VIVA.co.id
20 Agustus 2023