Seberapa Besar Erupsi Gunung Agung Hantam Ekonomi Bali?

Hujan Abu Gunung Agung Masih Terjadi di Bali.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

VIVA – Letusan Gunung Agung di Bali mulai mengganggu denyut nadi ekonomi setempat dan akhirnya berdampak negatif secara nasional. Sebab, industri pariwisata di Bali merupakan salah satu andalan penerimaan negara. 

LSI Denny JA: Ekonomi Rakyat Berada di Zona Merah

Menurut data Badan Pusat Statistik, Produk Domestik Bruto (PDB) atau pertumbuhan ekonomi Bali saat ini di atas rata-rata nasional. Pada semester I 2017 tercatat ekonomi Bali tumbuh 5,8 persen di atas pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,01 persen. 

Pemerintah – menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution – terus memantau dengan intensif seberapa besar dampak dari erupsi ini menghantam perekonomian di daerah tersebut. 

Selama Jadi Menko, Darmin Akui Sulit Koordinasi ke Menteri Pertanian

"Tentu pariwisata sudah cukup terganggu, di Bali terutama. Nanti bisa memengaruhi kegiatan ekonomi nelayan, petani di desa desa," ujar Darmin di Jakarta, Rabu 29 November 2017. 

Namun dia mengatakan saat ini pihaknya belum bisa memastikan berapa besar total kerugian yang dialami. Sejauh mana dampaknya akan mengganggu ekonomi secara nasional pun saat ini masih belum bisa diprediksi. 

Pemerintah Kesulitan Salurkan KUR sektor Produktif

"Persoalannya kita belum tahu nih berapa lama (erupsi Gunung Agung). Ada ahli bilang ini masih bisa terjadi letusan yang besar," lanjut Darmin. (ren)

Eks Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution

Erick Thohir Tunjuk Darmin Nasution Jadi Komut Pupuk Indonesia

Darmin menggantikan Bungaran Saragih.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2020