Ketika Konsumen Apartemen Dimanjakan Sistem Keamanan Terpadu

Ilustrasi unit dalam apartemen.
Sumber :
  • Pixabay/Jarmoluk

VIVA – Masyarakat Indonesia mulai memilih rumah bertingkat atau apartemen sebagai tipe hunian yang akan dibeli.

Makin Banyak Single yang Pilih Tinggal di Apartemen

Berdasarkan riset Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H2-2017, sepanjang semester dua tahun ini, 57 persen dari 1.020 responden di Indonesia memilih apartemen.

Angka ini meningkat jika dibandingkan survei pada semester II-2016, di mana baru 35 persen responden yang tertarik membeli hunian vertikal.

Belikan Apartemen Terlalu Kecil, Anak Pukuli Orangtuanya

Alasan mulai bergesernya tempat tinggal dari rumah tapak ke apartemen, di antaranya karena praktis dan sistem keamanan yang terintegrasi.

Menurut Marketing Manager Sky House BSD+, Aruna Hidayat, sebagaimana layaknya sebuah apartemen, masalah keamanan tentu akan ada petugas keamanan (security) bersiaga 24 jam ditambah pantauan CCTV.

Mengintip Gaya Hidup Orang-orang di Hunian Vertikal

Ia juga mengatakan, saat ini perkembangan masyarakat, khususnya kebutuhan terhadap penyediaan fasilitas teknologi ramah lingkungan menjadi sebuah keharusan.

Oleh karena itu perlu diterapkan 'advanced smart community'. "Ini sejenis sistem keamanan terpadu. Tujuannya agar penghuni apartemen mendapat perlindungan berlapis," kata dia, dalam keterangan resminya, Sabtu, 2 Desember 2017.

Seperti diketahui, advanced smart community merupakan sistem keamanan yang diterapkan Sky House Theme Park and Club House, milik pengembang PT Sunny Garden Property, yang berdiri di atas lahan 2.363 meter persegi di kawasan Bumi Serpong Damai, Tangerang, Banten.

Aruna melanjutkan, advanced smart community adalah sistem keamanan cerdas, yaitu perlindungan dengan garis pertahanan elektronik, sistem interkom iCloud (terletak di lobi menara dan di dalam apartemen), dan aplikasi platform komunitas.

Sistem ini terdiri dari beberapa bagian, yakni sistem pengenalan mobil (mampu mengidentifikasi kendaraan penghuni secara otomatis) dan sistem keamanan properti (pengenalan pengiriman ekspres serta lift khusus untuk mempersingkat waktu tunggu penghuni).

Tak hanya itu, Aruna menegaskan, penghuni tidak perlu merasa khawatir untuk menghabiskan waktunya di luar, karena dilindungi oleh sistem keamanan internal seperti alarm darurat, lampu malam, soket USB, dan sistem pemurnian udara.

"Ini semua untuk mewujudkan solusi smart home, smart property, dan smart society. Sky House BSD+ terinspirasi oleh gaya hidup Singapura modern yang menekankan unsur teknologi bangunan inovatif dan sistem keamanan terpadu," ungkap Aruna.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya