Ingin Naik Gaji, Coba Jawab Dulu Tujuh Pertanyaan Ini

Ilustrasi terima gaji.
Sumber :
  • http://chrisveto.com

VIVA – Meminta kenaikan gaji pada atasan bukanlah sesuatu yang mudah disampaikan. Ada hal-hal yang harus dipersiapkan secara seksama sebelum mendapatkan gaji seperti yang diinginkan.

Ironis, Gaji BPIP Lebih Spesial Ketimbang Pegawai Non-PNS

Dilansir dari Business Insider, pada Selasa 12 Desember 2017, sebelum mendapatkan gaji yang diinginkan perlu sesuatu hal dilakukan, sehingga akhirnya meyakinkan atasan bahwa Anda sedang tidak bercanda.

Untuk itu, sebelum Anda menuju ke tempat duduk yang panas, ada baiknya Anda mengajukan beberapa pertanyaan dalam diri sendiri, seperti tentang kinerja pekerjaan dan atasan Anda.

Terkenal Sejahtera, Ini Besaran Gaji Pekerja Migas di RI

Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut tentunya akan membantu membimbing percakapan dan Anda memiliki kesempatan untuk mengesankan atasan. Adapun tujuh pertanyaan yang harus Anda jawab terlebih dahulu antara lain:

1. Sudahkah berbicara dengan atasan tentang uang sebelumnya?

Kerja di Perusahaan Otomotif Gajinya Bisa Rp70 Juta

Permintaan kenaikan gaji Anda seharusnya tidak menjadi kejutan total bagi manajer Anda. Idealnya, Anda harus melakukan percakapan reguler dan terbuka dengan atasan Anda tentang masa depan Anda di perusahaan.

Pastikan mereka tahu gaji yang Anda inginkan pada akhirnya, dengan begitu, atasan Anda dapat membantu mempersiapkan kenaikan gaji untuk Anda.

2. Apakah ini saat tepat untuk meminta kenaikan gaji?

Pikirkan baik-baik sebelum Anda menjadwalkan janji bertemu dengan atasan Anda tentang gaji Anda.

Jacqueline Whitmore, pakar etiket internasional mengatakan kepada Business Insider bahwa waktu terbaik meminta kenaikan gaji adalah tiga sampai empat bulan sebelum evaluasi tahunan. Itu biasanya ketika anggaran diputuskan.

3. Sudah berapa lama saya bekerja?

Menurut Alison Green, biasanya Anda harus berada di tempat kerja Anda selama satu tahun sebelum meminta kenaikan gaji.

"Pengecualian untuk ini adalah jika pekerjaan itu berubah secara dramatis atau jika tanggung jawab Anda meningkat jauh melampaui apa yang dibayangkan saat Anda dipekerjakan," ujar Green.

4. Apakah saya miliki bukti layak mendapat kenaikan gaji?

Mantan eksekutif Wall Street dan pendiri Ellevest, Sallie Krawcheck, sebelumnya merekomendasikan untuk memberikan bukti bahwa Anda berhak mendapatkan kenaikan gaji.

5. Berapa kisaran gaji saya?

Saat ini sebaiknya Anda menggunakan kisaran wajar terhadap keinginan atas kenaikan gaji Anda. Dengan, mengeluarkan rentang gaji tersebut dianggap sebagai cara yang sopan dalam negosiasi kenaikan gaji pada atasan.

6. Apa yang akan dipikirkan bos saat meminta kenaikan gaji?

Kita bisa begitu terpaku pada kecemasan kita sendiri tentang meminta kenaikan gaji sehingga kita lupa mempertimbangkan situasi dari sudut pandang bos kita.

Daniel Shapiro, pendiri dan direktur Harvard International Negotiation Programme, mengatakan akan sangat membantu untuk mengajak teman dan berperan sebagai negosiasi, dengan manajer Anda.

Begitu Anda memikirkan pikiran dan emosi bos, Shapiro mengatakan bahwa Anda dapat menyesuaikan strategi  lebih lanjut (seperti karyawan, dalam kehidupan nyata) "sehingga atasan dapat mendengar secara efektif apa yang Anda katakan."

7. Negosiasi apa yang bisa dilakukan jika tidak mendapatkan kenaikan gaji?

Gaji adalah bentuk kompensasi yang paling jelas, tapi bukan satu-satunya. Jika manajer Anda menolak permintaan gaji yang lebih tinggi, bersiaplah untuk menegosiasikan hal-hal seperti bonus dan waktu liburan Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya