KPPU Pelototi 11 Bahan Pokok Jelang Natal dan Tahun Baru

Ketua KPPU, Syarkawi Rauf (Tengah)
Sumber :
  • Sherly/VIVA.co.id

VIVA – Komisi Pengawas Persaingan Usaha, atau KPPU perketat pengawasan distribusi 11 pangan pokok pada saat Natal dan Tahun Baru. Langkah ini dilakukan untuk memastikan tidak ada oknum spekulan yang mengambil keuntungan dari momentum ini. 

Daftar Harga Pangan 4 Desember 2023: Beras hingga Cabai Naik

"Kami melakukan pengawasan ketat dirantai distribusi hal itu, karena kecurangan ini sering terjadi di rantai distribusi hingga merugikan konsumen," ujar Ketua KPPU, Syarkawi Rauf di Tangerang, Rabu 13 Desember 2017.

KPPU melakukan pemantauan dan pemetaan jalur distribusi dan produksi bahan pangan di seluruh wilayah Indonesia, termasuk pemetaan pelaku usahanya dan pola-pola perilakunya. 11 pangan pokok yang dipelototi adalah daging sapi, daging ayam, bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, beras, minyak goreng, jagung, kedelai, dan gula.

Chef Norman Ungkap Trik Makanan Kaya Rasa, Tapi Masaknya Singkat Moms!

"Fokus kita pada 11 pangan itu, karena berdasarkan gejolak yang kerap terjadi pada hari hari besar, komoditi itu yang kerap kali harganya dimainkan para pelaku distribusi," ungkapnya.

Dia pun menegaskan, bila ditemukan kecurangan pada proses distribusi barang pangan tersebut, dengan cara menaikkan harga yang sudah ditetapkan. KPPU tidak akan segan-segan memberikan sanksi tegas. 

Biaya Transportasi Bikin Harga Bahan Pokok Meroket, Warga Intan Jaya Protes

"Kalau masalah penimbunan, sanksinya akan kita serahkan ke Kepolisian. Tetapi, kalau soal memainkan harga komoditi, maka sanksi akan kita berikan sesuai peraturan undang-undang," tuturnya.

Ilustrasi barang pangan pendorong inflasi.

BI Pede Inflasi Indonesia Bakal Terkendali Sesuai Target 2024

Bank Indonesia (BI) menyatakan inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) Maret 2024 tetap terjaga dalam kisaran sasaran 2,5±1 persen. Diperkirakan inflasi 2024 sesuai target.

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024