Begini Kesiapan Pertamina Hadapi Libur Akhir Tahun

Ilustrasi Mobil Tangki BBM Pertamina.
Sumber :

VIVA – PT Pertamina memperkirakan konsumsi bahan bakar minyak dan elpiji akan mengalami peningkatan selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2018. Atas kondisi itu Pertamina akan naikkan stok dari 1 Desember hingga 17 Desember.

Pulang Liburan dari Bali? Oleh-oleh Murah Meriah Ini Wajib Dibawa Pulang

Direktur Pemasaran Pertamina, Muchamad Iskandar mengatakan, kenaikan tersebut terjadi pada Premium yang naik dua persen, Pertalite 12 persen, Pertamax tujuh persen, Pertamina Turbo 15 persen, Dexlite 10 persen, Pertamina Dex 12 persen, Avtur 11,5 persen, dan Elpiji empat persen. Sementara itu, Solar turun enam persen.

"Peningkatannya kita sesuaikan prediksi, dari prediksi lalu ditambah kenaikan sedikit tahun berjalan. Tahun ini kita siapkan lebih untuk jaga-jaga jangan sampai ada daerah kekurangan pasokan Elpiji. Sehingga, kita patok lima persen," kata dia melalui Video Conference dari TBBM Rewulu, Yogyakarta, Jumat 15 Desember 2017.

Bintang KDI Star, Idol Hingga Bowo dan Chia Ramaikan The Jungle Sensation 16 Tahun

Sementara itu, SVP Fuel Marketing and Distribution PT Pertamina (Persero) Gigih Wahyu Hari Irianto menyampaikan, prediksi turunnya konsumsi solar lebih disebabkan oleh pembatasan operasional angkutan barang pada H-3 hingga H+3 dan penurunan kegiatan angkutan industri.

Adapun upaya-upaya peningkatan stok BBM, LPG, dan Avtur di tingkat TBBM, DPPU, dan depot LPG terus dilakukan. "Peningkatan stoknya sudah dimulai sejak 1 Desember hingga 17 Desember," tambahnya.

Liburan Akhir Tahun, Acara Menarik di Pusat Belanja Indonesia

Selain itu, lanjut dia, Pertamina juga melakukan peningkatan stok Elpiji di SPPBE (Stasiun Pengangkutan dan Pengisian Bulk Elpiji), agen hingga pangkalan elpiji.

Lalu, juga dilakukan penambahan mobil tangki, agen/pangkalan siaga elpiji, serta menyiagakan kantong SPBU dan SPPBE di jalur wisata dan daerah rawan kemacetan.  

"Setidaknya terdapat 35 SPBU kantong dan 51 SPPBE kantong yang disiagakan dengan sebaran di Sumatera Selatan, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur," ungkap Gigih.

Ia menambahkan, selain penambahan stok dalam persiapan libur akhir tahun, pihaknya juga melakukan penyiapan layanan khusus KiosK Pertamax, mobile dispenser unit, BBM kemasan di SPBU, dan motor/mobil pengantar kemasan BBM di beberapa titik yang rawan kemacetan dan jauh dari SPBU.

Sebanyak sembilan titik KiosK Pertamax yang telah disiapkan antara lain di SPBU rest area Tol Cipali dan pantura Kota Tegal, serta lima titik mobil tangki dispenser di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Selain itu, 15 titik motoris BBM kemasan di jalur Pantura Jabar, Jateng dan Sumatera.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya