4 Menteri Ini 'Pelototi' Penggunaan Dana Desa Tahun Depan

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani
Sumber :

VIVA – Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani hari ini menandatangani Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri terkait pembangunan di daerah. Mulai tahun depan empat menteri ini akan memelototi penggunaan dana desa. 

Indef Kritik Kebijakan Bansos: Anggaran Naik Terus, Kemiskinan Cuma Turun 2,3 Persen Sejak 2010

Puan menyatakan, penandatanganan SKB ini bertujuan untuk membangun sinergitas lintas kementerian dalam membangun desa serta menyejahterakan masyarakat desa. 

"Agar lebih mengefektifkan pembangunan dan pemanfaatan dana desa untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat," kata Puan Maharani di Kantor Menko PMK, Jakarta Pusat, Senin, 18 Desember 2017.

Penerimaan PBB 100 Persen Untuk Pembangunan Daerah

Ia menambahkan, kerja sama ini juga dilakukan untuk mendorong pelaksanaan program Padat Karya. 100 kabupaten yang meliputi 1000 desa akan jadi fokus program padat karya dan pengentasan kemiskinan.

Lebih jauh ia katakan, program dana desa dan program padat karya akan difokuskan pada pengentasan kemiskinan. Kabupaten dan desa-desa yang dipilih berdasarkan kondisinya, yaitu desa yang penduduknya banyak yang miskin dan sarana dasarnya tidak memadai.

Dukung Perkembangan Daerah, PAN Soroti Realisasi Pembangunan Wisata Alam

Untuk diketahui, penandatanganan SKB 4 Menteri ini juga dihadiri Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, serta Menteri PPN dan Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya.

Inovasi Bungan Desa, Sukses Bawa Tabanan Menjadi Finalis PPD Tahun 2024

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan berhasil lolos masuk 3 besar Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Kabupaten/Kota se-Bali Tahun 2024.

img_title
VIVA.co.id
17 Februari 2024