Kabinet Baru 2009-2014

"Susunan Tim Ekonomi SBY Seru & Mengagumkan"

VIVAnews - Susunan tim ekonomi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dinilai cukup mengagumkan karena terdiri dari para ekonom dari berbagai universitas. Bahkan, itu menunjukkan SBY tengah melakukan diversifikasi tim ekonomi.

"Tadinya saya pikir ngaco, tetapi setelah dicermati, saya cukup kagum dengan komposisi ini," ujar Kepala Ekonom Danareksa Research Institute, Purbaya Yudhi Sadewa kepada VIVAnews di Jakarta, 24 Oktober 2009.

Menurut dia, jika sebelumnya tim ekonomi kabinet selalu didominasi oleh kelompok ekonomi dari Universitas Indonesia. Bahkan, pada era Orde Baru, tim ekonomi pemerintah selalu dikendalikan ekonom UI selama lebih dari 30 tahun sehingga dikenal sebagai Mafia Berkeley karena sebagian besar dari mereka lulusan University of California di Berkeley, Amerika Serikat.

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku

Namun, sekarang tidak lagi demikian. SBY-Boediono ingin menunjukkan pluralisme di tim ekonomi kabinet. Presiden sepertinya ingin mengurangi sentralisasi ekonomi pada satu universitas.

Misalnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Perdagangan Mari Pangestu dari Universitas Indonesia. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Armida Alisjahbana dan Menteri Perindustrian Muhammad Sulaeman Hidayat dari Universitas Padjajaran. Menteri Koordinator Perekonomian dari ITB dan Menteri Negara BUMN dari IPB.

Jika dicermati lebih jauh, para ekonom tersebut memiliki kapasitas yang cukup mumpuni. Sedangkan yang masih diragukan adalah Hatta Rajasa sebagai komandan tim ekonomi. Kapasitas ekonomi Hatta memang tidak sekuat orang lain. "Tetapi, dia punya keberanian mengambil keputusan, manajemen dan kedekatan dengan SBY."

SBY dan Boediono tampaknya ingin mengambil para ekonom dari beberapa sekolah, kemudian secara tidak langsung mereka seperti disuruh kompetisi. Jangan lupa, biasanya setiap Universitas punya ego sendiri-sendiri.

"Ini justru akan seru diperlombakan," katanya. Masing-masing menteri akan bertempur untuk menunjukkan kapasitasnya mewakili perguruan tingginya. "Jadi, di mata saya, ini akan sangat menarik dan seru karena mereka tidak akan memalukan kampusnya."

Gunung Marapi Kembali Erupsi, Terjadi Hujan Abu Vulkanik dan Ganggu Penerbangan

heri.susanto@vivanews.com

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersyukur suara yang diperoleh partainya pada Pemilu 2024, naik signifikan. Airlangga berterima kasih ke kader dan para caleg

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024